Selasa, 26 April 2016

Talkshow "Perempuan dan Inovasi"

Talkshow
"Perempuan dan Inovasi"



Waktu :
26 April 2016

Tempat :
Kantor Tempo, Palmerah, Jakarta

Sambutan :
Budi Setyarso (Tempo)
Edisi khusus majalah Tempo 18-24 April 2014 tentang "Perempuan Penembus Batas" menyambut Hari Kartini. Selama ini majalah Tempo bersifat maskulin.Memilih 45 orang wanita Indonesia yang sebagian besar berusia muda. Ada Yusniar Amara dari Aceh, peneliti muda Rosa Dahlia mengajar di Papua, Leonika Sari asal Surabaya, Sely Martini dari Bandung melawan korupsi.


Keynote speech
Yohana Susana Yembise (Menteri Urusan Perempuan dan Perlindungan Anak).
Mempersilahkan untuk menggunakan aula kementeriaannya untuk diskusi tentang perempuan dan anak. Peran media masa untuk mengabarkan tentang perempuan dan anak. Masalah perempuan dan anak Mengambil peran dalam pembangunan, juga di legislatif, yudikatif dan eksekutif. Jadi menteri, di pemda, di Perguruan Tinggi, perempuan semakin maju. Jadi role model peran perempuan dunia. Dan dunia Islam khususnya. Perempuan punya hak menyampaikan aspirasinya. SDG ada 17 indikator; yang didalamnya ada isu Gender Quality Gender mainstreaming; Sustainability Development Goal; Clean Government. September 2015 dengan Jusuf Kalla mencanangkan SDG tentang Gender Quality. Tahun Kebangkitan Perempuan Indonesia 2030 planet 50:50. Perempuan sebagai indikator penting dalam pembangunan. Save one woman save Indonesia. Perempuan sangat berharga dan mulia. Mendukung Free of corruption.

Sambutan :
Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial RI)
Bantuan Keluarga sangat miskin penerimamya perempuan. Pada Juni 2016 penerima Program Kartu Harapan (PKH) 6 juta orang. Angka kematian ibu melahirkan yang tinggi disebabkan oleh kurang gizi. Perempuan kepala keluarga akan tetap menerima PKH. Total RP 3.700.000,-/tahun. Usaha Ekonomi Produktif. Rumah Tinggal Layak Huni. 70% penerima PKH. Tingkat presisi penerima Bansos, PKH yang paling baik. UU Disabilitas baru diluncurkan seminggu yang lalu.

Leonika Sari Njoto Boedioetomo (Pencetus Sistem Aplikasi Donor Darah (Reblood)
Ide muncul karena adanya kekurangan donor darah. Usia Generasi Y 17-30 tahun, dengan semboyan healthy, fun. 40-50% pendaftar donor yang benar-benar terlaksana. Point dan prize. Misal discount tiket konser.
Didukung ibu Tri Rismaharini yang mendukung pemecahan masalah berbasis teknologi. Hanya butuh 15 menit setiap 6 bulan untuk sesorang menjadi pendonor darah. Kekurangan stok darah terjadi saat bulan puasa.

Sely Martini (Penggiat Anti Korupsi)
Di ICW jumlah staf perempuannya 17 sama denga jumalah staf pria. Menjelaskan ICW dan soal seputar korupsi. Khususnya peran perempuan mencegah korupsi. Dia gabung ICW sejak 2004. ICW sudah berjalan 17 tahun. Cuti melahirkan di ICW maksimal 6 bulan. Perempuanlah yang pertama berkaitan dengan public service; sehingga ICW mengutamakan mengajak perempuan untuk ikut berdemo melawan korupsi. Gerakan Difabel Anti Korupsi; parenting anti Korupsi; 25.000 keluarga pemberantas korupsi.

Sintaries Nijirenda (bloggerperempuan.com)
100% pendiri dan stafnya perempuan. Menyiarkan aspirasi perempuan melalui dunia digital. We Are Indonesian Female Blogger Social Network. Top category lifestyle; travel. Kebanyakan yang aktif ibu Rumah Tangga. Jumlah anggota terdaftar 1.000an.

Slide foto - foto selama acara


  Beberapa Slide :

klik gambar untuk memperbesar

Slide Seli Martini

Slide Sintaries Nijirenda



www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: