Minggu, 17 April 2016

Dialog "Membangun Persaudaraan Sejati Antar Umat Beriman Dalam Mengamalkan Pancasila Untuk Jakarta Damai"

Dialog
"Membangun Persaudaraan Sejati
Antar Umat Beriman
Dalam Mengamalkan Pancasila
Untuk Jakarta Damai"


Waktu :
16 April 2016

Tempat :
Gereja Katolik Bunda Hati Kudus,
Jln. Kemakmuran 28. Jakarta Pusat

Host :
Keuskupan Agung JakartaFKUB DKI Jakarta

Sambutan :
Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo (Uskup DKI Jakarta)

Ada 65 paroki di Jabodetabek. Pejompongan dengan jumlah terkecil dengan 1.000 umat. Di Bekasi yang terbanyak dengan 24.000 umat.Tiap paroki ada 24 pastor.Mengucapkan selamat datang kepada hadirin; sebagai wujud persaudaraan yang tulus.Sangat konkrit, tidak banyak bicara perjumpaan hari ini.


PANDANGAN PARA PEMBICARA :


Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo
Ibadah sabda yang dibacakan kitab2 suci ada 10 kutipan; keluaran pembebasan umat Israel oleh Musa. Karena pembebasan menjadi ingatan bersama yang diwariskan turun menurun.
Perayaan Paskah bermakna sebagai :
1. Identitas dasar
2. Sebagai kekuatan ketika menghadapi tantangan
3. Dengan harapan mampu melewati tantangan
Bangsa Indonesia juga punya ingatan bersama 17 Agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan tidak bisa dipisahkan dengan hari Kebangkitan Nasional 1908. Sebagai akibat Politik Etis yang memungkinkan anak negeri sekolah. Begitu juga Sumpah Pemuda 1928; dan 1 Juni 1945 lahirnya Pancasila. Sejarah sebagai ingatan bersama ketika menghadapi tantangan sekaligus identitas dasar bangsa Indonesia. Selama 5 tahun ke depan ada lambang gereja universal; kerahiman Allah yang memerdekakan. Semoga 65 paroki yang ada di Jakarta bisa mewujudkan cita-cita tersebut.
Rosario merah putih sebagai sarana berdoa umat Katolik, akan dimulai Mei 2016 diluncurkan; dan diijadikan doa harian. Menghargai para Pahlawan, tanggung jawab kita menjaga keutuhan bangsa; kerukunan; pemimpin bijaksana; kesejahteraan. Pancasila nampak dalam kehidupan sehari-hari. Sudah 3.500 rosario dikirm ke NTT.Program 2010-2015 semakin beriman, semakin bertoleransi, semakin persaudaraan. Indikator iman yang terpenting adalah persaudaraan; bela rasa (compassion), sehati, empati. Sebagai pesan Paskah. Pancasila rumah kita, pancasila rumah kasih.

KH Syafi'i Mufid (FKUB DKI Jakarta)
Dialog sudah ada sejak 2012 dan selalu dibukukan. Pengamalan Pancasila di gereja Katolik dikaitkan dengan perayaan Paskah. Sumpah Pemuda dilahirkan oleh tokoh pemuda, suku dan agama. Termasuk Katolik yang gedungnya dijadikan Museum Sumpah Pemuda. Mohammad Yamin mengusulkan satu bahasa, bahasa Melayu. Anak Betawi Mohammad Tabrani usul, satu bahasa yakni bahasa Indonesia. Bangsa ini lahir dulu dari pada negara. BPUPKI menyetujui Pancasila sebagai dasar negara.
Ada jiwa pengorbanan tokoh pendiri bangsa. Apa peran tokoh agama saat ini dan mendatang? Tokoh agama harus terus berdialog dalam menghadapi extra ordinary crime korupsi, teror dan narkoba, 1 Agustus 2015 meneguhkan kembali komitmen kebangsaan. Diadakan SABDA (Sekolah Agama-agama Dan Bina Damai) Jakarta boleh panas, tapi Jakarta harus tetap damai.

Abdurachman (Kementerian Agama)
Bagaimana kita membangun komunikasi, dialog seperti yang digagas FKUB?. Pemerintah dalam hal ini memberikan fasilitas. FKUB dilakukan juga di Propinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan.
Apa yang membuat Indonesia menjadi bangsa yang damai?
1. Regulasi. Yang tidak ada disharmoni.
2. Indonesia bukan negara agama sekaligus bukan negara sekuler.
Pancasila ideologi yang sudah final.Kita tetap harus utuh. Persoalan politik tidak menjadikan kita bermusuhan.


Hendra Hidayat (Kepala Biro, Staf Gubernur DKI, Mantan Lurah Slipi dan Camat Kebon Jeruk Jakarta)
Ada tiga kunci
1. Komunikasi
2. Toleransi
3. Kerukunan
Perdamaian ini bersifat universal.Pengalaman empiris yang dialami keluarganya. Adiknya di Boston-USA mengalami pasca 9/11/2001. Berjilbab. Dilindungi oleh warga sekitarnya.Tekanan terhadap Muslim menguat. Ada mobil hitam yang keliling di depan rumahnya tiap hari. FBI menanyakan keseharian adiknya. Tetangganya baik. Yang melindungi adalah tetangga di lingkungannya. Perlakuan positif terhadap orang lain akan mendapatkan perlakuan positif bagi kita. Keberadaan dan peran tokoh agama sangat penting. Tahun 2017-2019 adalah tahun politik, kita khawatir ada oknum yang mau membuat Jakarta tidak aman.
Dua program penting :
1. Ijin prinsip pendirian rumah ibadah dalam dua minggu ada keputusan.
2. Hibah untuk lembaga keagamaan.

Taufan Bakri (Kesbangpol Kemendagri)
Dalam damai muncul konflik.Jakarta rumah bersama ada 3 juta etnis Tionghoa. Ada 1 juta umat Nasrani.Pencerahan bagaimana membangun Jakarta dengan baik dengan, pertama, mengisi kepalanya. Yang kedua mengisi perutnya. Yang ketiga dompetnya dengan menciptakan lapangan kerja.Mari jaga Jakarta dengan suasana damai.

Slide foto - foto selama acara

NOMagz.com

Tidak ada komentar: