Rabu, 11 Mei 2016

Diskusi Terbuka "FENOMENA PILGUB DKI Jakarta 2017"

Diskusi Terbuka 
"FENOMENA PILGUB DKI
Jakarta  2017"



Waktu :
Selasa, 10 Mei 2016

Tempat :
Gedung Joang 45, Lantai 3 Menteng, Jakarta Pusat

Diskusi ini melibatkan para BaCagub DKI Jakarta  2017, Politisi, Relawan dan Pengamat Politik.

SESI I

"Pilgub DKI, Kemajuan atau
Kemunduran Politik Bangsa?"


Pembicara :
  • Bestari Barus - ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta.
  • H.Lulung Lunggana - Bakal Cagub DKI Jakarta.
  • M. Idrus - Bakal Cagub DKI Jakarta
  • Edysa Girsang - Bakal Cagub DKI Jakarta
  • Boni Hargens - Pengamat Politik
Moderator :
Ir. Karen Ezana (Dewan Redaksi SolmetNews)

MC :
Camel Petir Lubis,SE (Artist/Politician )

SESI II  

"Pemimpin seperti apakah  yang dibutuhkan
Masyarakat DKI Jakarta saat ini ?"


 
Pembicara
  • Ramdan Alamsyah - Ketua LBH Partai Perindo.
  • Ahmad Dhani - Bakal Cagub DKI Jakarta/Artis/Musisi
  • Sandiaga Uno - Bakal Cagub DKI/Pengusaha
  • Hasnaeni Moein - Bakal Cagub DKI
  • Emanuel Ebenezer (Batman/teman Ahok)
  • Lius Sungkharisma - Tokoh Tionghoa
  • Boni Hargens - Pengamat Politik

Moderator :
Ir.  Irianti Erningpraja MBA ( Self Discovery Coach /Author /Artist)

MC :
Camel Petir Lubis,SE (Arist/Politician)


Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi tim panitia-
Jams Hp. 0813-3512-3302- Adie Hp. 081-6166-6671
Email solmetnews1@gmail.com

Hormat kami, Panitia Diskusi :
Jamalson Huninhatu (Ketua)
Adie Subchan (Sekretaris)
Mengetahui : 
Sylver Matutina


Ulasan Redaksi :

Sambutan :
Sylver Matutina. Solmet Brotherhood (Solidaritas Merah Putih).
Apakah Pilgub DKI suatu kemajuan atau kemunduran ? Pemimpin seperti apa yang ideal ?Apa pemikiran dan visi/misi bakal cagub ? Akan dibawa ke mana DKI ?2005- 2010 aktif. 2014 aktif kembali.Solmet artinya "belahan jiwa".

Sesi 1

M. Idrus
Bagaimana membangun DKI yang lebih baik. Lahir di Cilincing Jakut. DKI kampung besar; semua etnis ada. Motto "Jakarta Keren" semua harus mengapresiasi mantan gubernur DKI. Tidak boleh Sara lagi. Lahir adalah given dari Tuhan. Bagaimana mengedepankan kepentingan masyarakat dan kesejahteraannya. 8% pengangguran di DKI. 2014 DKI merupakan 60% peredaran uang nasional. 2014 ekonomi tumbuh 5,9%. 2015 tumbuh 5,2%Indek Gini 2016, 0,46. 2015, 0,42.
Ada Tiga pilar pembangunan :
1. Sumber Daya Manusia,
2. Infrastruktur,
3. Lingkungan.

Bestari Barus
Indikator kemajuan, tahapan pilgub, Objektif atau subjektif. Adanya calon perseorangan adalah suatu kemajuan. Pengumpulan KTP sebagai bentuk dukungan kepada cagub sudah ada di Pilgub sebelumnya. M Idrus dinilai pantas jadi cagub DKI. Tidak pantas lagi kampanye dengan menjelek-jelekan gubernur petahana; yang patut adalah yang bisa mengajukan program yang lebih baik.

Edysa Girsang 
Jabatan Gubernur tidak untuk memperkaya diri. Mencalonkan melalui PDIP, tidak punya hubungan dengan oligarki partai, meski asal Sumatra Utara. Alat ukurnya apa ? Landasan objektif.Pembukaan UUD 1945 lah yang menjadi landasan objektif. Melindungi segenap anak bangsa dan tumpah darah Indonesia. Harus ada track recordnya. Jangan dengar janji-janji manis belaka. Lebih baik dialog anak bangsa bukan debat.Demokrasi ada di sila ke 4 Pancasila. DKI bukan milik Betawi tapi milik bangsa. Bukan saling menyalahkan tapi harus sesuai amanah dan aturan hukum.

Boni Hargens 
Tiga faktor penentu pilgub DKI, adalah parpol; figur; level budaya masyarakat politik DKI. Level Parokial yang tidak/belum sadar politik; level sadar politis dengan partisipasi politik tinggi dan rasional. Statement Sara adalah primitif dengan gaya-gaya lama. Apa persoalan DKI dan apa yang mau diperbaiki ? Ahok sebagai Petahana diuntungkan. Semua parpol memilih figur yang akan menang. Menguasai DKI berarti menguasai nasional. Parpol harus pintar membaca konteks dan bermanuver dengan baik.
PDIP lah penentu figur calon alternatif. Yusril Ihza Mahendra "belum" sebanding dengan BTP/Ahok. Megawati tidak bermasalah dengan Basuki Tjahaja Purnama(BTP)/Ahok. Pilihan PDIP yang bisa mengubah konstelasi politik DKI.Ganjar; Risma; Susi Pudjiastuti apa bisa dibandingakan dengan BTP ? Mereka bertiga besar di masing-masing jabatannya saat ini. Peran sosmed juga berpengaruh.Parpol bertugas mengkomunikasikan politiknya, kampanye politik yang cerdas. Kesalahan mencalonkan cagub di DKI bisa merupakan blunder bagi PDIP. Kelemahan Ahok adalah komunikasi politiknya dengan parpol dan komunikasi politiknya dengan masyarakat yang belum tertata dengan baik.

Sesi 2

Emanuel Ebenezer 
 Ahok pemimpin paling ideal untuk DKI saat ini. Hanya Ahok yang berani melawan birokrasi, melawan korupsi, Ahok melakukan perubahan. Misalnya bisa menggaji petugas kebersihan dengan layak. Yang kita butuhkan adalah pemimpin bukan vokalis atau pemain band. Gusdur tumbang karena birokrasi yang korup.

Lius Sungkharisma 
Tidak berharap Ahok terpilih jadi gubernur di pilgub 2017. Ahok jadi gubernur karena Jokowi jadi presiden. Pemimpin ideal adalah seperti Jokowi. Mau mendengar suara rakyat. Termasuk Pedagang Kaki Lima. Ahok banyak musuhnya.APBD 2015 hanya terserap 50%. Rakyat kecil digusur tanpa dibayar. Gaya Ahok kurang pas. Ahok jadi gubernur karena hoki menggantikan Jokowi. Ahok sulit dinasehati baik oleh ortunya, istrinya maupun pendetanya. Tuhanpun saya lawan salah satu contoh.
Amin Rais sudah pikun. Tidak memperkaya diri. Anak presiden dagang martabak ini positif. Salut ada orang yang berani tampil lawan Ahok. Pemimpin yang punya hati dan peduli terhadap orang kecil. Duit ada, ada staf ahli ada deputi. Gara-gara Ahok memunculkan nasionalisme pribumi dan benci terhadap orang Tionghoa.

Ahmad Dhani 
Yang dibutuhkan rakyat adalah tergantung rakyatnya sendiri. Masyarakat DKI majemuk.
Rakyat ada 2 :
- Rakyat yang nonton TV
- rakyat yang tidak menonton TV.
Metro TV jaman Orba tidak membela Soeharto, tapi kini Metro TV membela Ahok. Motto "kalau ada yang meremehkan saya tidak marah; kalau saya marah artinya memang saya tidak layak"2014 mengusulkan Ahok ke Hasyim untuk jadi tim sukses Prabowo dalam pilpres. Belajar filosofi Tionghoa, Jawa dan Islam. Kalau saya jadi Prabowo tembak mati Ahok. Orang Tionghoa malu terhadap Ahok.
Pemimpin adalah yang bisa menjadi guru bagi bangsanya. Misalnya Soekarno yang kalau ditanya apa saja bisa menjawabnya. Buya Hamka juga guru bangsa. Ahok lebih cocok jadi menteri PAN. Tidak hanya bicara tataran teknis tapi juga bicara filosofis. Pemimpin perlu memahami budi pekerti, seni, budaya, dan peradaban.Sebagai penganut Islam pluralis.

Boni Hargens 
Kebebasan bicara yang benar dan berbuat.1998 titik balik politik Indonesia.Jokowi dan Ahok produk reformasi. Pemilih DKI rasional. Kualitas proses pilkada. Popularitas dan elektabilitas Ahok tinggi. Dalam demokrasi tidak boleh membicarakan sara; bukan stigmasisai. Parpol mana yang mendukung Ahmad Dhani ? Komunikasi politik Ahok kurang tertata dengan baik juga komunikasi dengan masyarakat belum tertata baik. Jangan hanya melihat menang-kalah. Jangan gerakan balas dendam. Pemimpin harus punya nilai mulia dan luhur. Kita harus objektif. Jangan berpikir sempit. Demokrasi menempatkan orang pada posisi yang sama tidak bicara sara.

Hasnaeni Moein
Semakin banyak yang mencalonkan jadi cagub semakin baik karena banyak pilihan. Menyediakan tempat yang nyaman dan aman, ketika mau berobat mudah, pendidikan, lapangan kerja, kemacetan, tempat parkir.  Kesejahteraan yang paling dibutuhkan masyarakat DKI Jakarta.

Slide foto - foto selama acara


NOMagz.com

Tidak ada komentar: