Kamis, 25 Februari 2016

#NgobrolTempo "Fenomena Gerhana Matahari Total"

#NgobrolTempo
"Fenomena Gerhana Matahari Total"


Waktu : 
Kamis, 25 Februari 2016

Tempat :
Ruang Multi Media Planetarium,
Taman Ismail Marzuki

Pembicara :
  • Prof. Dr. Thomas Djamaluddin (Kepala LAPAN)
  • Premana W. Premadi Ph.D. (Dosen Astronomi ITB)
  • Muhammad Rayhan (Planetarium dan Observatorium Jakarta)
  • Moderator : Gabriel Wahyu Titiyoga (Tempo Media) 


Ulasan redaksi :

Sambutan Heri Purwanto
Akan ada kapal pesiar dari Singapura dengan 1500 orang turis ke Indonesia. Rutenya Singapura-Jakarta-Semarang-Borobudur-probolinggo-Makassar. Biaya per turisnya 3.600 US Dollar. Dalam kapal tersebut ada tiga presentasi ilmiah-populer tentang gerhana matahari. 
Di Jembatan Ampera-Palembang akan diadakan diskusi dan pengamatan gerhana matahari. Sedang di ITB ada diskusi tentang "Cahaya dan Gerhana Matahari" Kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya kejadian gerhana matahari untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan ekonomi. 09 Maret 2016 adalah hari libur nasional. Di jalan MH Thamrin ada Car Free Day. 

Prof. Dr. Thomas Djamaluddin
"Menyongsong Gerhana Matahari Total di Indonesia 9 Maret 2016" Alasan mengapa gerhana matahari menarik adalah dikaitkan dengan bencana dan musibah; ditelan sosok supranatural; adanya mitos-mitos. Gerhana matahari jadi pembuktian teori fenomenal yaitu Teori Relativitas Einstein; adanya lapisan korona. Hadirnya wisata dikaitkan fenomena langit dan antariksa yakni celestial tourism; astronomical tourism; space tourism. 
Bagaimana terjadinya gerhana matahari? Gerhana adalah peristiwa astronomi ketika suatu objek menghalangi pandangan ke objek lainnya. Gerhana bulan lebih sering terjadi dibanding gerhana matahari. Gerhana bulan bisa dilihat dari lebih separuh bumi. Gerhana matahari terjadi saat piringan bulan menutupi sebagian atau seluruh piringan matahari. Terjadi pada fase bulan baru. Ketika bulan berada di antara bumi dan matahari. 
Ada tiga jenis gerhana yaitu gerhana total; gerhana cincin; gerhana sebagian. Gerhana matahari 'tidak' berbahaya, sama seperti kita biasa melihat matahari sehari-hari. Yang berbahaya kalau kita melihatnya berlama-lama. Gerhana matahari 9 Maret 2016 akan berlangsung pagi hari ketika matahari beranjak naik dari ufuk timur.


Premana W. Premadi Ph.D.
Gerhana matahari menarik sebab langka frekwensi kejadiannya dan langka tempatnya. Pola dan keteraturan gerhana matahari. Gerhana matahari berdampak terhadap Gravitasi (defleksi lintasan cahaya) dan Radiasi (response perilaku mahluk hidup). Jam kejadian gerhana matahari pukul 06.19; 07.21; 08.31. 

Muhammad Rayhan
Pada 1 September 2016 ada gerhana matahari parsial. Cara mengamati gerhana matahari yang aman. Cara memotret gerhana matahari. Ada acara pengamatan gerhana matahari pada 9 Maret 2016 di pelataran parkir Taman Ismail Marzuki; serta siaran langsung pengamatan. Akan dibagikan kaca mata untuk melihat gerhana matahari secara gratis kepada 350 orang. 

Slide foto-foto selama acara

Beberapa Slide :

klik gambar untuk memperbesar




www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: