Jumat, 26 Februari 2016

Diskusi Bulanan JIL "Menafsir Ulang Teks-teks Suci Tentang Homoseksualitas"

Diskusi Bulanan
Jaringan Islam Liberal
"Menafsir Ulang Teks-teks Suci
Tentang Homoseksualitas"



Waktu :
Jumat, 26 Februari 2016

Tempat :
Teater Utan Kayu, Jl. Utan Kayu 68 H, Jakarta Timur

Pembicara :
  1. Ioanes Rakhmat
  2. Ulil Abshar-Abdalla

 
URAIAN Redaksi :

Sebagai pendahuluan, moderator menyesalkan pernyataan menteri agama yang menyatakan bahwa persoalan LGBT adalah persoalan "proxy war". "Persoalan LGBT sudah ada sejak dulu, namun tidak dianggap sesuatu yang serius," katanya.

Ulil Abshar
Kisah-kisah tentang Lut di Quran mengambil dari Kisah-kisah dari Yahudi, terutama Perjanjian Lama di Alkitab. Menurut Islam, kisah Sodom dan Gomora terjadi mereka melanggar perintah-perintah nabi Lut Orang-orang yang melakukan homoseksual disebut orang-orang Luti.
Orang-islam islam masa sekarang tidak lagi melihat bencana-bencana sebagai azab Tuhan. Ini bukti Orang-orang islam sekarang lebih rasional dan percaya pada science daripada kerangka azab. Kerangka azab dipakai karena waktu itu belum mengenal science.
Menurut Ulil, kisah Sodom lebih pada pesan moral, yakni jangan melanggar perintah Tuhan.


Ioanes Rakhmat
Teknologi akan menganulir segala azab dan bencana. Ada hormon-hormon yang mempengaruhi orientasi seseorang. Kondisi rahim ketika mengandung juga mempengaruhi orientasi seseorang ketika lahir. Kita harus membangun budaya berpikir ilmiah. Jangan lagi pola pikir abad 7 dipakai terus.

Slide foto-foto selama acara


NOMagz.com

Tidak ada komentar: