Senin, 23 November 2015

Diskusi RMOL "Siapa Yang Bohong, SS atau SN ?"

Diskusi Front Page
Kantor Berita Politik RMOL
"Siapa Yang Bohong,
SS atau SN ?"


Waktu : 
Minggu, 22 November 2015 

Tempat :
Cafe Dua Nyonya, Cikini, Jakarta

Pembicara : 
  • Effendi Simbolon 
  • Ichsanuddin Noorsy 
  • Adhie Massardi 
  • M. Misbakhun
  • Darmansyah 

Moderator : 
Zulhidayat Siregar 

Sambutan : 
Teguh Santosa  



ULASAN :

Siapa Yang Bohong, SS atau SN? Membongkar Rahasia Terdalam Freeport Skandal #papamintasaham sudah ramai dibicarakan di tengah masyarakat. Publik perlu tahu siapa yang berbohong dalam kasus terakhir yang mengundang decak kagum dan membuat kita menggeleng2kan kepala ini. Apakah tuduhan Menteri ESDM Sudirman Said pada Ketua DPR RI Setya Novanto adalah benar belaka? Ataukah dia hendak menyembunyikan sesuatu dan bergerak atas pesanan pihak tertentu? Di sisi lain publik juga perlu menguji kejujuran Setya Novanto. 


Ichsanuddin Noorsy 
Bagaimana sesungguh melihat Freeport Indonesia
1. Peran CIA. RUU PMA No 1/1967. USAID. No Profit Sharing but royalty. Iklim ekonomi kondusif. UU baru. Muncul kontrak karya. Intinya kemauan pihak luar negeri. 
2. Bagaimana saham jatuh ke pihak2 tertentu bukan ke pemerintah ? Perluasan lahan. Papua punya cadangan emas & tembaga yang luar biasa. Quantitative easing. Cadangan devisa pemerintah USA minim. 2011 Jakarta Post melaporkan, Obama memarahi Marty Natalegawa, karena tidak menyetujui penempatan marinir USA di Indonesia. 
SN dan SS hanya riak kecil. Kumpul-kumpul di Sentul. Interpelasi terhadap SS ? 
SN terlibat di Bank Bali. Adalah kesalahan KMP memilih SN, dan ini mendelegimisasi SN. Bagi Noorsy, "SS bagian dari mafia". Namun begitu, kredibilitas SN memang perlu dipertanyakan. Audit ekspor FI menyangkut chemical content yang lebih 2%. Auditor asing di Indonesia bersifat multiple, suitable. FI sudah dapat jaminan kelangsungan investasi dari Prof Boediono (saat menjabat wapres) di USA. BPK tidak bisa audit perusahaan asing. 
Kalau renegosiasi kontrak Indonesia merusak aturan internasional. Apakah solusi yang diminta Jokowi sama dengan yang dilakukan SS ? FI menurut Bea Cukai tidak pernah melaporkan chemical content produk yang diekspornya. Cadangan hutan lindung Lorenz cadangannya lebih besar dari cadangan Gresberg. Masalah hukum (ada pidana, pencemaran nama baik), politik (SS tidak sesuai sumpah jabatan, lakukan interpelasi), ekonomi. Studi banding. 
Migas dalam 3 tahun menghasilkan Rp 250 T. Sedang FI hanya dapat royalti Rp 350 T sejak 1967. Initial asset jadi potential asset, real asset. Current asset dan fixed asset. Usul bagi hasil bukan royalti. Harian Media Indonesia dan Rakyat Merdeka, Coca Cola melakukan transfer pricing tahun 2000. 
Menurut Bambang Brodjonegoro ada 4000 perusahaan yang mengemplang pajak. Perbaiki UU Minerba supaya sesuai UUD pasal 33. Jangan percaya kita tidak punya uang dan kita tidak punya kemampuan. Jokowi harus tegas dan bertindak. Kepemimpinan Jokowi dipertanyakan. Fundamen kita rapuh. Politik bebas aktif kita dipertanyakan. The fed akan menaikkan suku bunga pada Des 2015, ini akan memacu inflasi, berdampak pada kurs dan mempengaruhi kenaikan harga komoditi. Menteri harus belajar bicara. 

Adhie Massardi 
1. SS lebih tidak benar. 
2. Membuktikan kebenaran Rizal Ramli pimpinan FI melakukan lobi2 kepada pejabat. Maruf ada conflict of interest antara fungsi sebagai bekas anggota BIN dngan sebagai pimpinan FI. FI melanggar kode etik karena merekam pembicaraan dengan SN. Panglima TNI perlu memanggil Maruf. Bagaimana rumitnya tata kelola SDA kita. Bukan domain eksekutif saja, tapi juga tanggung jawab legislatif. SS kaki tangan asing. 
Selain itu Teten Masduki, Kuntoro, Sri Mulyani, Rini Soemarno. Ketakutan SS akan direshuffle sehingga ia melakukan manuver. FI perusahaan besar. Tidak mungkin mengabulkan permintaan saham. SS melakukan apa saja untuk mengamankan Jabatannya. Berapa FI bayar pajak? Pasti ada kekurangan bayar pajaknya. 

Darmansyah 
Perspektif komunikasi dan hubungan internasional.
Tahun 1991 ada swasta yang bisa beli saham FI. Karena isu lingkungan hidup masih ramai. Masalah FI sangat komprehensif. Menyangkut masalah geo ekonomi, geo politik. USA hidup dari FI. FI sebagai jaminan karena USA membantu Indonesia merebut Papua. SS SN terseret isu untuk mengalihkan isu. Cadangan emas 1600 juta ton ada yang mengatakan 1600 ton. 
Mengapa perempuan di DPR tidak bicara? Satu gunung sudah dihabiskan. Sangat mungkin SN dan SS dilengserkan. Membuat semua pihak happy. Jangan harap Jokowi bisa berbuat banyak. Peran DPR harus benar yaitu mempertahankan kemandirian bangsa. 

Effendi Simbolon 
Ada buku sejarah FI. Ada hostile aquisition. Terlalu FI dibanding masalah Papua. FI adalah bagian dari wilayah Papua. Akan undang Noorsi untuk bicara di DPR. Ada kepentingan pemerintah USA. Partai Demokrat dan Republican USA campur dalam masalh FI. SS kurang kerjaan saja. 
Harusnya presiden dan DPR yang mempersoalkan SN bukan SS. SN ini anak nakal. Komisi 1 panggil Maruf. Maruf melakukan tindak kriminal kalau menggunakan intelijem negara. Mental pejabat kita tidak seperti pejabat Peru. Harusnya Indonesia memegang 51% saham FI. Ciri2 irlander, jadi antek2 asing. Peluang emas untuk menguasai FI. Mengolah di Indonesia untuk hindari transfer pricing. Pemerintah perlu memaksakan pemilikan 51% saham tidak lewat bursa. Hubungan Jakarta-Beijing, Jakarta-Moskwa, masalah FI menjadi concern pemerintah USA. 
Blunder FI merekam bisa dituntut yang bisa menyebabkan FI bangkrut. MKD harusnya adhoc bukan permanen. Tim pencari fakta ada konspirasi apa? MOU SBY sebelum lengser. Relaksasi.  

Slide foto-foto selama acara

www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: