Selasa, 08 Maret 2016

Perayaan Hari Perempuan Nasional "CERITA PEREMPUAN: GERAKAN INKLUSI SOSIAL DAN PEMANFAATAN GAGASAN-GAGASAN DALAM MENDORONG KEADILAN DAN KESETARAAN GENDER DI INDONESIA"

Perayaan Hari Perempuan Nasional
"CERITA PEREMPUAN :
GERAKAN INKLUSI SOSIAL
DAN PEMANFAATAN GAGASAN-GAGASAN
DALAM MENDORONG KEADILAN
DAN KESETARAAN GENDER
DI INDONESIA"


Waktu :
8 Maret 2016

Tempat :
Galeri Cemara, Jakarta



Pembicara:

  1. Siti Rukiah (Forum Masyarakat PEDULI Tallo)
  2. Emmy Nurniaty (Sekolah Anggaran Rakyat Maros)
  3. Baiq B. Yanti (Lurah Pejanggik, Mataram)
  4. Rahmawati (Perempuan Penggiat dan korban kerusakan lingkungan, Samarinda)
  5. Halimah (Solidaritas Perempuan, Jakarta)
  6. Sri Budi Eko Wardani (Puskapol UI)
  7. Titi Anggraini (Perludem)
  8. Rosniati Azis (Yasmib Sulselbar)
  9. Ufi Ulfiah (Lakpesdam NU Pusat)
  10. Nurul Saadah (SAPDA, Yogyakarta)


Dengarkan dan tukar cerita dengan para perempuan inspiratif dalam menghadirkan semangat Solidaritas dan menyuarakan kepentingan perempuan dalam berbagai ruang pengambilan keputusan mulai dari tingkat desa sampai nasional.

ULASAN Redaksi Sesi 1 :

Baiq Bakti Yanti, MH. 

Pada April 2012 dilantik oleh walikota Mataram menjadi lurah..Baru ada 3 lurah perempuan saat itu.Tidak bermimpi jadi lurah.Di Majenuk ada pengungsian Ahmadiyah, bag supaya tempat tsb aman. Daerah tsb rawan konflik. Sejak 10 thn yl ada ratusan orang tinggal di sana.Baiq membina masyarakat agar rukun dan damai.Datangi tempat tersebut. Mendengar keluhan dan tidk diperbolehkan tinggal di tempat asal. Minta diterima masy. Minta pelayanan dasar sebagai WNI. Punya KTP untuk segala keperluan adm. Sekolah, cari kerja, pelayanan kesehatan.Yang dilindungi manusia.Minta mereka berbaur dengan masyarakat, mau mengikuti kearifan lokal, gotong royong, wanita tani, pengelolaan sampah.Mengikuti adat istiadat setempat.Sampai kapan di pengungsian?Ibadahnya eksklusif.Ajak mereka bergabung. Program lingkungan, NU NTB menawarkan kerja sama dan sharing biaya agar masyarakat Ahmadiyah berbaur dan pandai mengelola sampah.Ternyata Ahmadiyah enak diajak kerja sama dan tidak pilih-pilih kerjaan. Kalau ada kematian orang Ahmadiah yang hadir melayat dan membantu. Juga kalau ada hajatan mereka hadir.

Rahmawati. 

Kejadiannya di Samarinda milik PT Graha Benua Etam 22 Desember 2014.Mengunjungi dan saling menguatkan dengan para keluarga korban.Anaknya tewas dan merupakan korban ke 9 dari total 19 korban di bekas lubang galian.Sebelum  kehilangan nenek dan ayahnya kemudian lebih sedih kehilangan anaknya.Merayakan Hari Ibu bersama wakil walikota.Membuat petisi dan melapor ke ibu Menteri LHK Siti Nurbaya.Akhirnya 11 perusahaan tambang yang menyebabkan 19 anak tewas dicabut ijin lingkungannya oleh Gubernur Kalimantan Timur dan Menteri LHK , sehingga persahaan tambang tersebut tidak beroperasi lagi.


Halimah. Jakarta. 
Pengumpulan Data jalannya pemerintahan.Menelita balita. Mengadakan kuestioner di wilayah utara Jakarta.Korban tercemarnya air dan bau.Para ibu-ibu punya hp canggih tapi hanya untuk menelpon. Diskusi 4 jam. Memanfaatkan hp untuk menyampaikan keluhan.Mengajar cara menggunakan hp misalnya bagaimana berkirim sms.Awalnya 2004 mulai bergabung dengan organisasi ini.Menunggu air mengalir jam 03.00-04.00 dan hanya dapat beberapa ember. Kualitas air buruk, debit air kecil dan harganya mahal.

Emmy Nurniaty
Ibu rumah tangga.Membahas irigasi, sebelum jembatan yang dibangun perlu jalan 50 km bagi anak berangkat ke sekolah. Kini hanya jalan 3 kmAktivis Komisi Perempuan Indonesia.Setiap sabtu 13.00 berkumpul bahas anggaran. Diawali dengan pertanyaan sederhana. Kalian tahu siapa yang membangun jalan? Siapa yang menutup jalan berlubang?

Siti Rukiah. 
Ada daerah disebut 'Texas' yaitu daerah yang bahaya dan padat penduduknya.Prianya banyak yang mabuk.2003 takut ketemu Lurah.Belajar merawat bayi dan berani bicara menyuarakan aspirasinya.2010 melakukan pemantauan pendidikan dan kesehatan.Katanya gratis kenyataan di lapangan harus membayar. Masalah genangan air kalau hujan.Forum warga 18 orang mengatasi masalah remaja yang mabuk-mabukan.Mengadakan Perayaan 17 Agustus yang sudah lama tidak pernah dirayakan selama 16 tahun.Mengatasi masalah waria yang menjajakan diri di malam hari.Membantu masyarakat mendapatkan akte kelahiran. Agar mendapatkan layanan JKN.Sandra Hamid Asia Foundation.

ULASAN Redaksi Sesi 2 :

Ufi Ulfiah

"Bagaimana Tantangan Perempuan Di Area Konflik".Martabat manusia ditempatkan. Dan haknya dipenuhi.Membela perempuan, orang miskin, budak, pengemis non Muslim yang tersingkirkan. Kelompok yang didiskriminasi berdasar agama dan keyakinannya. Memerangi kebengisan, keangkuhan dan angkara murka.Seorang ibu harus pandai berstrategi. Misal saat anak menderita sakit.

Nurul Saadah Andriani

Bergerak, melangkah, keluar, bicara, mengajarkan, memberi contoh lansung, bersinergi, menjadi bagian gerakan perempuan.Membela, kenali dan tangani kekerasan terhadap perempuan difabel.Mempunyai anak difabel merepotkan dan tidak bisa 'dipajang', sulit mencari pekerjaan.Perempuan difabel yang menikah dianjurkan tidak mengandung, karena takut akan melahirkan anak difabel.Kondisi difabel bisa terjadi di manapun dan kapanpun. Misal karena kondisi kesehatan.Panduan Pendampingan Hukum bagi perempuan disabilitas korban kekerasan.Harapan perempuan difabel memiliki dirinya sendiri.


Rosmiati
"Perempuan Dan Anggaran"Yang dilakukan adalah perencanaan, penyusunan anggaran, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi.Peningkatan kapasitas eksekutif/legislatif tentang "PPRG" dan pembangunan inklusif.Gender Budget Statement.Alokasi anggaran bagi masy miskin dan disabilitas (APBDes Perubahan 2015).Tantangan konsistensi pelaksanaan anggaran.

Titi Angraini
"Tantangan dan Peluang Perempuan di Ranah Kebijakan" Perubahan UUD 1945 menghasilkan Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD. Pemilu Presiden dan Wapres. Pilkada.2000-2015 membawa kompleksitas pengaturan Pemilu; penyelenggaraan Pemilu; pemerintahan hasil Pemilu.10 alasan dukung pilkada langsung.Seminar di univ bersama akademisi, koalisi dengan NGO, caucus of women in politics, support from youth groups.46 dari 124 orang perempuan yang terpilih (37,1%).41.38% perempuan terpilih sbg kepala daerah. 33% sebagai wakil kepala daerah.

Slide foto-foto selama acara

Slide foto - foto selama acara 2





NOMagz.com

Tidak ada komentar: