Kamis, 10 Maret 2016

Diskusi "Al-Tarbiyah al-Jihadiyyah; Abdullah Azam dan Pengaruhnya terhadap Gerakan Terorisme di Dunia Islam dan Indonesia"

Diskusi
"al-Tarbiyah al-Jihadiyyah;
Abdullah Azam dan Pengaruhnya
Terhadap Gerakan Terorisme
di Dunia Islam dan Indonesia"



Waktu :
Kamis, 10 Maret 2016

Tempat :
Aula The Wahid Institute,
Jl. Taman Amir Hamzah No. 8, Matraman. Jakarta.

Pembicara:
  • Ulil Abshar Abdalla
  • Mukti Ali el-Qum

Penyelenggara :
Rumah KitaB


Ulasan Redaksi :

Fadillah (Rumah Kita Bersama)
Perkembangan isu terorisme Januari-Pebruari 2016

Mukti Ali el-Qum
Riwayat hidup dan pendidikan Abdullah Azam. 200 judul buku yang ditulis oleh Abdullah Azam. Abdullah Azam seorang ideolog jihadis. Pengaruh Abdullah Azam di Indonesia. Karya Abdullah Azam Yang Berpengaruh di Indonesia. Aksi-aksi konkrit oleh Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki Solo dan cabang-cabangnya di Indonesia merealisasikan doktrin I'dad (persiapan dan latihan perang) melalui pelajaran ekstrakurikuler "sapala" (Santri Pecinta Alam). I'dad direalisasikan oleh Abu Bakar Ba'asyir, Aman Abdurahman, dan Dulmatin dengan membuat latihan perang di Janto-Aceh. Sebanyak 50 orang yang berhasil. Mengikuti I'dad diantaranya Afif (pelaku teror Thamrin, Jakarta).

Ulil Abshar Abdalla
Islam bukan sekedar sebagai agama tapi juga ideologi seperti kapitalisme, sosialisme, fasisme dan nazisme. Abdullah Azam banyak dipengaruhi Sayyid Qutub.
Dua gagasan penting,
1. gagasan hakimiah Islamis bearagama Islam dan sekaligus berideologi Islam yang komprehensif. Marxisme mirip Islamisme, yang bisa menjelaskan segala hal di dunia. Ada konsep Marxisme yang diadopsi Islamisme. Perubahan harus dipimpin elite kecil yang menjadi kekuatan utama (avan garde). Kedaulatan hanya milik Tuhan. Hukum Tuhanlah yang menjadi pedoman satu-satunya.
2. Ide tentang jihad. Sayyid Qutub menulis tafsir tentang jihad. Jihad adalah fondasi penting ajaran Islam. Kewajiban yang sudah dilupakan oleh sebagian orang Islam. Sayyid Qutub diteruskan oleh Abdullah Azam. Manusia tidak bisa memilih benar dan salah selama mereka hidup di negara non Islam (thogut). Tema jihad mendominasi buku-buku Abdullah Azam. 1979 ia di Saudi Arabia menulis fatwa saat Rusia menyerang Afganistan. Jihad adalah tindakan paling besar kedudukannya. Jihad lebih tinggi dari shalat sebagai individual obligation. Setelah runtuhnya Grenada, Andalusia, Spanyol ditahun 1492, umat Islam berkewajiban berjihad. Spanyol adalah dunia/buminya orang Islam. Tanah yang pernah ditinggali orang Islam adalah tetap haknya orang Islam. Jihad yang diserukan KH Hasyim Ashari 22 Oktober 1945 bukan jihad Islamisme tapi jihad untuk membela negara dari serangan penjajah.
Abdullah Azam punya sumbangan penting dalam mentransformasikan jihad fiqih menjadi jihad trans-nasional (global jihad). Abdullah Azam jadi keras karena Perang Afghanistan, akibat invasi Uni Sovyet. Berkeliling dunia ke Eropa dan USA untuk merekrut Mujahidin. USA membiarkan Abdullah Azam, karena USA membutuhkan kawan untuk melawan sosialisme Arab. Dalam rangka perang dingin USA vs Uni Sovyet. Dia lebih hebat dari Che Guevara, produktivitas Abdullah Azam luar biasa.

Slide foto - foto selama acara


Slide Mukti Ali el-Qum


Slide Fadillah  :

klik gambar untuk memperbesar







www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: