Selasa, 22 Maret 2016

Ngobrol Tempo Hari Air Sedunia 2016 : "Menghadapi Tantangan Krisis Air Perkotaan"

Ngobrol Tempo
Hari Air Sedunia 2016 :
 "Menghadapi Tantangan
Krisis Air Perkotaan"



Waktu :
Selasa, 22 Maret 2016

Tempat :
Ruang Balai Agung. Balai Kota Jakarta

Narasumber :
  • Teguh Hendrawan, S Sos, M Si (Kepala Dinas Tata Air Prop DKI)
  • DR. Ir. Firdaus Ali, MSc (Pendidik dan peneliti serta praktisi bidang Bioteknologi Lingkungan)
  • Erlan Hidayat (Direktur Utama PAM Jaya)
  • Barce Simarmata (Deputy Director Technical Service PALYJA)

Moderator :
Bagja Hidayat


ULASAN REDAKSI:

Keynote Speaker :

Ir Basuki Tjahja Purnama, M.M.
Mengapa air mudah surut sekarang?Karena semua pompa air berfungsi, pembersihan sampah di sungai.Mengapa susah air bersih? Karena baku mutu air tidak memenuhi syarat.Seawall sepanjang 90 km akan dibangun.Sungai Cisadane, Ciliwung relatif baik.IMB tidak keluar kalau pembuangan air kotornya belum jelas.Intinya air didistribusikan secara merata di DKI Jakarta; dengan jalan saling terhubung.

Dedi Rustian, 
menggantikan Teguh Hendrawan, S Sos, M Si (Kepala Dinas Tata Air Prop DKI)
Masalah utama kualitas dan kuantitas. Cakupan PAM baru 60%. Pemakaian tanah yang tinggiAir permukaan statis dan dinamis, penampungan air hujan dan air kotor.Ada 15 waduk sebagai sumber air.Pelebaran sungai; pengerukan waduk untuk mengurangi kemungkinan banjir.

Erlan Hidayat
Tingkat kebocoran air PAM 40%. Bagaimana pengolahan air di DKI.Jakarta tidak punya air.81% air Jatiluhur (air pengairan) 15% dari Tangerang (Tirta Cisadane); 4% (Sungai Krukut).Ciliwung membagi Jakarta jadi dua instalasi pengolahan di Pejompongan dan Pulo Gadung.Jumlah air DKI tidak bertambah sedang jumlah penduduknya tambah.Kebutuhan air DKI defisit 3.544 lt/detik.Rencana tambahan pasokan air.III.


Barce Simarmata Percepatan penyediaan air bersih perpipaan untuk Jakarta.Pemanfaatan air dari Kanal Banjir Barat sebagai air baku penyediaan air bersih.Teknologi Moving Bed Biofilm Reactor.Pemanfaatan potensi air sungai di Jakarta yaitu Kali Pesanggrahan dan Ciliwung.
Pemenuhan kebutuhan air bersih seluruh penduduk Jakarta; antara lain untuk wilayah Kalideres, Menceng, Tambora, dan sebagainya.Implementasi Teknologi MBBR di intake Kanal Banjir Barat.Proyek Fatmawati, Muara Baru, Kuningan, Potensi Air sungai di Jakarta dari Kanal Banjir Barat, Pesanggrahan, Ciliwung(pejaten). Proyek Bekasi/Jatiluhur.Air gol A = air minum, B = air baku air minum; C = untuk petrnakan dan perikanan; D = air untuk pertanian.

DR. Ir. Firdaus Ali, MSc
Film Mencari Mata Air akan diputar 23 April 2016, di seluruh Indonesia.Air permukaan (97% berasal dari luar DKI dan sangat rentan gangguan supply).Air tanah (dangkal tercemar berat sementara air tanah dalam sudah dlm kondisi sangat kritis dan memicu turun muka tanah)Tugas besar "Jakarta Baru" menjadi tuan rumah Asian Games 18 tahun 2018.Target pengelolaan Sumber Daya Air terpadu Propinsi DKI Jakarta menuju 2030.Masalah utama, Jakarta yang semakin dipadati penduduk.Tantangan & peluang pelayanan air bersih perpipaan pada kawasan Water Front City.Kondisi pelayanan Air bersih perpipaan & air bekas perkotaan di DKI Jakarta 2015.Kondisi kebutuhan dan perkiraan supply air sampai 2025.
Masa depan peradaban kota Jakarta menjelang 2050.Strategi pengendalian ekstraksi air tanah dalam dan pengembangan pelay air bersih perpipaan DKI Jakarta 2015-2030.Komponen dan hirarki pemanfaatan sumber air baku propinsi DKI by 2030.Air permukaan (Statis dan dinamis);Air hasil re-claim air bekas (used water).Air hujan yang dipanen (rain water harvesting);Air hasil proses desalinasi air asin (laut dan payau).Grafik kondisi input-output.Neraca air DKI jakarta 2030.Proyeksi tingkat ketahanan air DKI.Solusi optimalisasi; menghemat air.Rasionalisasi neraca air DKI jakarta.


Slide foto - foto selama acara
 

NOMagz.com

Tidak ada komentar: