Senin, 28 Maret 2016

Diskusi Perspektif Indonesia "Amuk Taksi, Ekonomi Kreatif, dan Revolusi Digital"

Diskusi
Perspektif Indonesia
"Amuk Taksi, Ekonomi Kreatif,
dan Revolusi Digital"



Waktu :
Sabtu, 26 Maret 2016

Tempat :
GADO-GADO BOPLO,
 jl. Gereja Theresia No. 41, Menteng - Jakarta Pusat

Jika hanya membaca aspek terluar, sahlah kita berpendapat bahwa amuk industri taksi sekadar soal transportasi, beserta segenap aturannya. Namun, apa sesungguhnya yang tengah berubah? Seberapa luas dan dalam revolusi digital merobek tatanan, serta nilai-nilai fundamental dalam dunia usaha; bahkan sosial dan politik?

Bersama :
  • Fami Fahruddin (Pangamat IT & Digital Economy)
  • Hamid Basyaib (Komisaris Utama Balai Pustaka)
  • Naufal Firman Yursak (Pelaku Online Business)
  • Rahman Mangussara (Pengamat Media/Pendiri Online Media)

Host :
Ichan Loulembah

Penyelenggara :
  • Populi Center
  • Smart FM

Network Broadcasting live on SMART FM Jakarta 95.9, Manado 101.2, Makasar 101.1,  Banjarmasin 101.1, Balikpapan 97.8, Surabaya 88.9, Palembang 101.8, Medan 101.8, Pekanbaru 101.8, Jogjakarta 102.1- Streaming radiosmartfm.com- Blackberry: SmartFM via google- Android: SmartFM via google playPerspektif Indonesiatajam - dalam - bermakna

SIARAN ULANG :
Minggu, 27 Maret 2016 Pukul 16.00-18.00 WIB


ULASAN REDAKSI :

Fami Fahruddin
Bisnis online ini sebenarnya predictable. Sangat disayangkan terjadi demo para sopir. Perkembangan 2G; 3G; 4G. Ini soal kapasitas internet pembawa data.Kini era local on demand bukan global on demand lagi.Berdasar kebutuhan lokal. Misal taksi, belanja, pesan makanan, cuci piring; jaga anak; tukang.com, bersih rumah.Di USA potensi pasarnya RP 240 T.Sopir taksi yang download sudah 50 juta orang Indonesia.Uber dan Grab Bike memberikan pelayanan yang cepat tentang kepastian tarif.Tren centralised ke sistem distribusi yang tersebar.
Dengan kemajuan teknologi 5G dan 6G orang dapat menonton video seperti kita menonton di bioskop.Kita bagian dari elit dunia. Semangat jaman yang paling menonjol adalah dunia digital.Go Jek cepat-cepatan mengambil pelanggan sedang Grab Bike bersifat individual mandatory.Material engineering sehingga chip mampu memuat data 1 Terra-byte.

Hamid Basyaib
Manusia cenderung konservatif; tak kenal maka tak sayang. Semakin kadar ketidak tahuan semakin negatif.Tidak antisipatifnya pemerintah.Dunia maya lebih riil. Print media kini lebih sedikit dari onlinenya. Online menjangkau pembaca yang lebih banyak. Uber taksi sudah punya 16.000 pelanggan dalam 2 tahun. Grab Bike 6.000 dalam setahun. Tidak masuk akal mematikan taksi online. Karena dukungan publiknya kuat.Selain demokratis juga transparan; betapa dahsyat aplikasi ini.Bisa datang dalam tempo 5-10 menit.Waktunya predictable, di jalur yang sudah ditetapkan.Destination tidak diketahui pengemudi begitu naik kendaraannya baru tahu destinasinya.
Menyarankan bikin unit tersendiri untuk mendalami aplikasi digital ini.Interaksi manusia jadi berkurang. Manusia mampu berabstraksi.Budaya digital baru. Pemerintah dan DPR harus turun tangan.Aplikasi karaoke paling banyak di Vietnam.Peradaban digital adalah peradaban masa kini.

Rahman Mangussara
Long tail ekonomi yang muncul karena adanya internet yang telah menjungkirkan cara berkonsumsi.Kini petani beristirahatnya ber sms.Iklan kini menyasar media sosial bukan portal besar. Facebook, Twitter, instagram.Revolusi telah menjungkirkan tatanan lama.Istilahnya over the top; menumpang internet. Destruktif kreatif, semua yang tidak efisien akan hilang.
Yang tidak mengikuti perkembangan teknologi akan tertinggal bahkan hilang.E-commerce akan booming. 8 % retail Alibaba. E commerce ini jembatannya.Bank kini cenderung tidak mau membuka kantor cabang cukup dengan aplikasi.

Naufal Firman Yursak
Social media menciptakan captive market yang luas. 69 juta orang Indonesia terhubung Facebook, 45 juta terhubung dengan twitter.Jadi setiap produsen menciptakan konsumen.Aspek ekonomi yang tidak bisa ditahan. Banyak yang mendapat manfaat social media.Kebutuhan dasar transportasi menyebabkan aplikasi online tidak terbendung.Pertumbuhan pengguna smartphone tidak bisa dibendung.Masa depan digital adalah masa depan infrastrukturnya.
Seberapa kekuatannya servernya.BukaLapak; blibli generasi kita sudah siap menerima aplikasinya.Media massa online tidak perlu kantor redaksi cukup berbasis tablet.Pem hrs menyesuaikan diri: dengan membuat aplikasi lelang digital yang memangkas birokrasi.Perlu lembaga khusus menangani digital.Mari kita menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi. 

Slide foto - foto selama acara

 NOMagz.com

Tidak ada komentar: