Senin, 01 Agustus 2016

Forum Diskusi Kesehatan “Hidup Sehat itu Mudah : Mengenali Stroke dan Gejalanya"

Forum Diskusi Kesehatan.
“Hidup Sehat itu Mudah :
 Mengenali Stroke dan Gejalanya"



Waktu :
Sabtu, 23 Juli 2016

Tempat :
Puang Oca Senayan, Komplek Lapangan Tembak Perbakin Senayan

Pembicara :
  • dr. Mohammad Kurniawan, Sp.S(K), M.Sc, FICA. (RSN Cipto   Mangunkusumo, Jakarta)   Sekjen PERDOSSI (Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia)
  • Dr. H. Zamnir Setiawan, M.Epid. (Kasubdit Penyakit Jantung dan    Pembuluh Darah)
  • dr. Poppy Chandradewi, M.Sc, SpS. (Neurologist Siloam Hospital)

Penyelenggara :
  • Siloam Hospitals
  • Harian KOMPAS


Ulasan Redaksi :

Sambutan M. Bakir (Kompas)
Acara direlay radio Sonora secara nasional. Dan akan ditulis di Kompas. Usia muda juga kini ada yang terkena strok. Tahun 2013 ada 12 per 1000 orang penduduk terkena strok di Indonesia.

PEMBICARA :

dr. Mohammad Kurniawan, Sp.S(K), M.Sc, FICA
Stroke menjadi prioritas utama dari beberapa penyebab kematian. Definisi stroke. Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Penyebabnya. Gejalanya gangguan/kelemahan anggota tubuh (tangan dan kaki). Mulut mencong. Tahun1995 ada 2 per 1000 penduduk. Tahun 2007 ada 8,3 per 1000 penduduk. Pada 2013 ada 12,1 per 1000 (meningkat 50%).
Penyebab strok karena perubahan lifestyle, makan enak, yang manis-manis, penderita diabetes, malas bergerak, kegemukan. Di Asia prevalensi Indonesia tertinggi 4 kali rata-rata prevalensi strok Asia. Di Indonesia stroke penyebab kematian dan kecacatan tertinggi di dunia. Stroke menjadi masalah luar biasa perlu kampanye terus menerus. Time is brief. Harus segera ke rumah sakit begitu terkena strok.Jenisnya, sumbatan atau pendarahan. Mengedukasi masyarakat. Mencegah lebih baik/murah daripada mengobati. Tanggal 29 Oktober adalah Hari Strok Dunia

Dr. H. Zamnir Setiawan, M.Epid.
Merupakan penyakit nomor 1 penyebab kematian. Dari 15 juta penderita strok hampir 50% meninggal dan 50% cacat. Rata-rata dalam 6 detik terjadi satu orang penderita strok. Umur penderita cenderung semakin muda. Ada yang berusia 18 tahun sudah terkena stroke. Ada beberapa penyebab kematian penyakit tidak menular. Salah satunya strok. Promosi preventif kesehatan. Berprilaku lebih sehat. Penyebabnya, obesitas, aktivitas fisik yang kurang, merokok, minuman ber- alkohol. Kini hampir tidak ada orang berjalan kaki ke tempat kerjanya. Konsumsi buah dan sayur rendah. Makan pangan berkadar lemak, garam, gula yang tinggi.
Kebijakan preventif. Pos Pembinaan Terpadu untuk Penyakit Tidak Menular. Kontrol secara teratur yang dilakukan masyarakat sendiri. Sudah jalan dua tahun terakhir. Dilakukan di hari libur. Tekanan darah, lingkar perut perlu diperhatikan. Faktor risiko stroke sama dengan Penyakit Tidak Menular lainnya. Sisi ekonomi, Penyakit Tidak Menular membebani masyarakat. Data BPJS klaim biaya pengobatan stroke sangat membebani. Program Kesehatan Keluarga. Program Keluarga Sehat. Ketuk pintu.
Ada 2 jargon penting :
CERDIK dan PATUH.
- Cek kondisi kesehatan secara berkala.
- Enyahkan asap rokok.
- Rajin aktivitas fisik, berolah raga.
- Diet sehat dengan kalori seimbang
- Istirahat yang cukup
- Kendalikan stres.
¤ Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter
¤ Atasi sakit dengan obat yang tepat dan teratur.
¤ Tetap diet sehat
¤ Upayakan aktivitas fisik yang aman sesuai kondisi kesehatan
¤ Hindari rokok, alkohol. Untuk memastikan adanya serangan strok minta orang terkena gejala strok untuk senyum, menggerakan tangan dan kaki. Propinsi Sulawesi Selatan tertinggi prevalensi stroke. Untuk hipertensi dan jantung Nusa Tenggara Timur yang tertinggi.

dr. Poppy Chandradewi, M.Sc, SpS. 
Terjadi karena gangguan pasokan darah, karena sumbatan atau pendarahan. Aliran darah tidak lancar; sel otak kurang gisi, selnya mati; akhirnya timbul gejala stroke. Bila yang pecah pembuluh darah besar gejala stroke berat menyebabkan kecacatan permanen. Bila yang pecah pembuluh darah kecil menyebabkan kecacatan sementara. TIA kurang dari 25 jam akan membaik. Perlu diwaspadai. Jangan abai. Akan mengalami serangan ulang. Gejala strok dikenali dengan FAST.
• Face, adanya mulut mencong, tidak simetris.
• Arm, kelemahan salah satu lengan.
• Speak, bicaranya cadel atau sulit bicara.
• Time, kurang 4,5 jam harus segera ke rumah sakit.
Pencegahan gaya pola hidup. Karena bekerja di luar rumah. Makanan tidak sehat (Jeroan, gorengan), kadar kolesterol menumpuk. Apalagi ada gejala hipertensi dan kadar gula tinggi. Apalagi merokok. Jangan mudah percaya pada mitos-mitos. Misal penderita stroke kalau mandi, menyiram airnya dimulai dari kaki. Menusuk jari dengan jarum kalau timbul gejala strok. Vegetarian bebas dari stroke. Orang bertekanan darah rendah tidak bisa terkena strok. 

Slide foto - foto selama acara

NOMagz.com

Tidak ada komentar: