Sabtu, 06 Agustus 2016

Konferensi Pers Eminent Experts Meeting "Promoting Regional Cooperation for Peace, Stability, and Prosperity in East Asian Seas"

Konferensi Pers
Eminent Experts Meeting
"Promoting Regional Cooperation
for Peace, Stability, and Prosperity
in East Asian Seas"



Waktu :
2 Agustus 2016

Tempat :
The Hermitage,
Jalan Cilacap No. 1, Menteng, Jakarta Pusat

Pertemuan ini bertujuan untuk mengumpulkan intelektual dan negarawan senior dari Amerika Serikat, Indonesia, Jepang dan Tiongkok dan memfasilitasi tukar pikiran menyikapi perkembangan terkini di Laut Asia Timur yang mencakup Laut Jepang, Laut Tiongkok Timur dan Laut Tiongkok Selatan.

Penyelenggara :
  • The Habibie Center
  • Sasakawa Peace Foundation (SPF)

Konferensi pers dibuka dengan penyampaian ringkasan hasil Pertemuan oleh Dr. Dewi Fortuna Anwar selaku Chairwoman, dilanjutkan dengan pengenalan seluruh anggota delegasi Pertemuan dan ditutup dengan sesi tanya-jawab.


Ulasan :

Dr Edi (Universitas Indonesia)
PCA is not the solution. Exclusive Economic Zone of Natuna island.Natuna milik Indonesia, kita berdaulat penuh dan punya yuridiksi. Sudah diakui semua negara; bahkan oleh Tiongkok. Pelanggaran hukum bukan konflik teritorial, karena menangkap ikan secara ilegal. Jadi masalah law enforcement. Indonesia tidak mengakui tradisional fishing ground yang diklaim Tiongkok. Pelanggaran Zona Ekonomi Eksklusif.
Esensi ASEAN adalah conflict management. Kalau tidak ada ASEAN stabilitas keamanan tidak terjamin. Akan mucul intervensi dari negara besar. Kita bisa bicara meski tidak/belum tentu bisa menyelesaikan konflik. Tidak sepakat Indonesia keluar dari ASEAN.

Dewi Fortuna Anwar
Tujuan didirikannya ASEAN :
- Menjaga hubungan baik antar tetangga ASEAN.
- Meningkatkan daya tawar negara ASEAN terhadap negara-negara besar.
Ada beberapa perbedaan pendapat tentang Laut Tiongkok Selatan,
+ Soal reklamasi pulau.
+ Zona penangkapan ikan secara   tradisional dan sejarah.
+ Negara-negara ASEAN perlu berpartisipasi dalam upaya menyelesaikan perselisihan yang ada di Laut Tiongkok Selatan; dan mencegah terjadinya eskalasi konflik.

Slide foto - foto selama acara

NOMagz.com

.

Tidak ada komentar: