Senin, 01 Agustus 2016

Diskusi Rutin - Solusi Ekonomi INDEF "Menangkap Peluang Banjir Dana Asing"

Diskusi Rutin - 
Solusi Ekonomi INDEF
"Menangkap Peluang Banjir Dana Asing"



Waktu :
Senin, 25 Juli 2016

Tempat :
Veteran Coffee & Resto,
Jl. Veteran I No. 21, Gambir, Jakarta Pusat.

Pembicara :
  • Ahmadi Noor Supit ( Ketua Komisi XI DPR RI)
  • Parijono (Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro BKF, Kementerian Keuangan RI)
  • Tanri Abeng (Pengusaha)
  • Enny Sri Hartati (Direktur INDEF)


Ulasan Redaksi :

Parijono
Ekspor meningkat dan impor turun sehingga terjadi surplus neraca perdagangan. Brexit menaikkann volatilitas ekonomi. Jepang menerapkan suku bunga negatif. Di USA The Fed masih belum merubah kebijakan suku bunga yang rendah. Eropa masih volatile. Indonesia menjadi sangat menarik bagi dana asing. Yield Surat Utang Negara menarik. Kelebihan Indonesia adalah kondisi makro dan fiskal kita stabil, sehingga menjadi daya tarik. Paket Kebijakan Ekonomi untuk deregulasi dan debirokratisasi. Vietnam kelebihannya ongkos buruhnya rendah dan mereka berafiliasi dengan Tiongkok. Strategi untuk masuk ke sektor portofolio RP 6,8 Triliun. Saham 21,6 Triliun. Jadi ada net capital inflow. Bagaimana investasi jangka panjang untuk menimbulkan multiplier effect di sektor riil. Untuk menciptakan lapangan kerja.
Investasi di infrastruktur butuh dana RP 5.500 Triliun kita bisanya 40% dana, sisanya 60% swasta dan asing. Instrumen yang sudah disiapkan untuk dana repatriasi misal RDN, SUN, Surat Utang Syariah, Obligasi, SUKUK, Obligasi Infrastruktur, Reksa Dana, Asuransi, Modal Ventura, Deposito. Dan bisa dimanfaatkan oleh UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat. Foreign Direct Investment dengan membuka pabrik menciptakan multiplier effect. Tujuan Tax Amnesry untuk pertumbuhan ekonomi, peningkatan investasi, meningkatkn likuiditas domestik. Kurs Rupiah menguat. RP 13.100-13.200,- per US Dollar. Dana repatriasi memperbanyak supply USD, suku bunga kompetitif.
Tujuan Tax Amnesty untuk memperluas basis data perpajakan.2018 Indonesia mengadopsi Automatic Exchange InformationDan Amandemen UU Perbankan terutama tentang kerahasiaan Bank. Perbankan, broker, manajer investasi ditugasi pemerintah untuk membantu pengelolaan alokasi dana repatriasi. Lembaga Penjamin Espor Indonesia melaksanakan fungsi Bank EXIM. Paket Kebijakan Ekonomi XII untuk kemudahan usaha UMKM. Subsidi suku bunga KUR. Tarif khusus untuk usaha ekspor. Kementerian Koperasi dan UMKM yang berwenang memberikan fasilitasi. Apakah Tax Amnesty tidak adil ? Potensi untuk memperbaiki ekonomi, potensi pembayar pajak, dana repatriasi akan dimanfaatkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Enny Sri Hartati
Bagaimana  Tax Amnesty berdampak positif terhadap ekonomi Indonesia. Disebutkan bahwa RP 100 Miliar sudah tertembus dana repatriasi, padahal minimal harusnya RP 41,25T/bulan. Perlu perencanaan yang realistis.Seandainya RP 165 T tercapai, bagaimana uang tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk  membiayai pembangunan secara optimal.Jangan hanya berputar di sektor finansial. Bagaimana pemerintah menyiapkan instrumen investasi di sektor riil; terutama sektor manufaktur yang padat karya. Petunjuk operasional Tax Amnesty bisa diperbaiki untuk panduan pelaksanaan. Diinapkan minimal tiga tahun. Ada desain PMK. Apa insentifnya dana yang masuk untuk bikin pabrik ? apa jaminan/garansi pemerintah untuk kemudahannya ?
Dana ini prioritas  untuk pembangunan infrastruktur. Asas keadilan juga perlu diterapkan supaya tidak mengusik perasaan publik. Bagaimana dana-dana tersebut benar-benar berkontribusi. Penciptaan lapangan kerja, nilai tambah, pembangunan nasional. Reciprocal. Yang utama bukan uang tebusan Tax Amnesty, tapi kegiatan profiling untuk basis perpajakan yang lebih baik, dan sekaligus perluasan pembayar pajak. Pertaruhannya kalau Dirjen Pajak tidak mampu melakukan profiling. Juga dana repatriasi berpotensi tidak masuk ke sektor riil. Bagaimana dana repatriasi bisa benar-benar bermanfaat? Pemerintah menyiapkan para fund manager untuk mengarahkan investasi ke sektor riil. Kendala UMKM mengakses pembiayaan karena tidak berbadan hukum. Perlu membentuk holding dan memperbaiki kinerja UMKM. Koperasi di Indonesia lebih banyak kegagalan daripada keberhasilan; padahal di luar negeri semua berhasil. Bukan badan hukum koperasi yang salah, tapi salah kelola.Dulu kita punya BPD (untuk petani dan nelayan) dan Bank EXIM (untuk eksportir).
Konsolidasi perbankan. Karena inkonsistensi kebijakan penyebabnya. Kebijakan Bank Indonesia 20% kredit dikhususkan untuk UMKMKUR plafonnya dibawah RP 10 juta. Berdayakan, fasilitasi, dan perbaiki UMKM yang ada agar bisa memanfaatkan adanya dana repatriasi. Identifikasi potensi UMKM; misalnya industri kreatif. Skemanya macam-macam. Badan Ekonomi Kreatif 2-4 Agustus 2016 mengadakan forum ekonomi kreatif. Operasionalnya bagaimana ? Ekonomi syariah kita juga sangat potensial untuk dikembangkan; termasuk yang berbasis kearifan lokal.

Ahmadi Noor Supit
APBNP. Desisit RP 296 Triliun. Tax Amnesty salah satu upaya mengatasi hal itu. Ada juga segi penyerapan anggaran yang rendah. Saving alamiah dari pengelolaan yang efektif bisa dimanfaatkan untuk menambal defisit anggaran.  Di tahun 2015 penyerapan anggaran 91%. Pertumbuhan alamiah. Pemotongan anggaran operasional yang kurang efektif, misal perjalanan dinas, rapat di hotel, perawatan gedung. Investasi infrastruktur yang berjangka panjang  tidak dipotong. Tax Amnesty harus ada kepastian berlakunya. Sampai Maret 2017.4. Tanri Abeng (Pengusaha). UMKM ukurannya terlalu kecil sehingga tidak punya akses ke perbankan, karena dipandang tidak efisien. Sebaiknya membentuk korporasi atau Perseroan Terbatas agar skala ekonominya layak. Masalahnya perbankan belum terfokus kepada UMKM. Perlu ada pertemuan (Forum khusus) UMKM/korporasi dengan perbankan; sehingga masalah bangsa akan teratasi.

M Misbakun (by phone komisi XI)
UU Tax Amnesty memberi tarif khusus untuk UMKM dengan omzet RP 4,8 Miliar/tahun. Assetnya maksimal RP 1 Miliar. Bisa menjadi supplier pemerintah sepanjang telah membuat laporan pajak. Dana repatriasi bisa diinvestasikan ke sektor apapun sepanjang memberi manfaat bagi perekonomian dalam negeri.

Slide foto - foto selama acara


NOMagz.com

Tidak ada komentar: