Kamis, 03 Desember 2015

Pembukaan "Green City Indonesia Exhibition and Seminar Series"

Pembukaan
"Green City Indonesia Exhibition
and Seminar Series"


Waktu :
Rabu, 2 Desember 2015

Tempat :
Unika Atma Jaya, Jl. Jend. Sudirman No. 51, Jakarta 12930 


Menghadirkan: 
  1. H.E. Dr. Thorsten Hutter (Chargé d'Affaires, German Embassy) sebagai pembicara tamu
  2. Prof. Dr. Ir. Sutanto Soehodho, M.Eng (Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi) sebagai keynote speech. 

Unika Atma Jaya Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman (EKONID) Bagian acara menarik lainnya adalah Award Ceremony, dimana para inovator muda akan diberikan penghargaan atas teknologi dan konsep terkemuka yang telah dibangun oleh mereka dalam kompetisi pelajar yang bertemakan ‘Green City, Solution for the Future’. 


.
GREEN CITY INDONESIA PAMERAN AKBAR DENGAN TEMA SUSTAINABLE URBAN LIVING DI JAKARTA 

Pada hari Rabu, 2 Desember 2015, Green City Indonesia Exhibition and Seminar Series telah dibuka oleh Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman (EKONID), bersama dengan Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya. Pameran dan seminar tersebut berfokus pada berbagai masalah urbanisasi. Pameran ini dilaksanakan di Unika Atma Jaya dan terbuka untuk umum hingga 5 Desember.

Pada 2025 diperkirakan hampir 68 persen penduduk Indonesia akan bertempat tinggal di pusat-pusat perkotaan, dibandingkan dengan 54 persen pada tahun 2015. Negara ini sudah mulai menghadapi tantangan-tantangan besar dalam bidang pengolahan sampah, peningkatan kualitas udara, penyediaan air minum dan pengelolaan air limbah, serta penyediaan energi. Untuk mengatasi tantangan tersebut, pemerintah Indonesia telah mengambil keputusan pertama, yaitu: pada tahun 2020, pembuangan gas CO2 harus bisa berkurang hingga 26 persen. Selanjutnya, pada tahun 2025 energi alternatif akan berjumlah hingga 25 persen dari jumlah keseluruhan bauran persediaan energi. Pada bidang pengelolaan limbah dan permurnian air minum, telah dibuat berbagai macam proyek pada tingkat regional maupun nasional, yaitu dalam fase perencanaan maupun pelaksanaan. 

Green City Indonesia (Kota Hijau Indonesia) 
Di Jakarta, Kota Hijau Indonesia adalah proyek kerjasama antara EKONID dan Unika Atma Jaya. Pameran ini bertujuan untuk memunculkan kesadaran terhadap permasalahan perkotaan. Solusi-solusi yang memungkinkan akan diperlihatkan dalam pameran ini, dengan fokus pada empat topik penting untuk pembangunan hijau, yaitu: energi alternatif dan efisiensi energi, teknologi bersih (air dan limbah) transportasi masal, serta solusi untuk permasalahan personal dan komunal. Selain kegiatan pameran pendidikan dan berbagai program seminar, telah diadakan pula kompetisi untuk siswa SMA dan mahasiswa bertema "Green City, Solutions for the Future" bekerjasama dengan Unika Atma Jaya Penghargaan dan hadiah untuk acara tersebut akan diberikan pada saat pembukaan pameran edukasi Green City di Unika Atma Jaya pada bulan Desember.

Dr. Thorsten Hutter, chargé d'Affaires dari Kedutaan Jerman menyatakan, "Jerman menampilkan dirinya sebagai negara yang penuh ide, sebagai mitra kreatif untuk masa depan Indonesia. German Season bertujuan untuk menjadi dasar infrastruktur yang kokoh untuk kerjasama permanen dan proyek terpilih dengan efek jangka panjang Penyelenggara German Season ini adalah Kedutaan Jerman di Indonesia, Goethe- Institut dan EKONID". Direktur Goethe-Institut Indonesia, Heinrich Bloemeke juga menambahkan, "Kami sangat mendukung rangkaian program pameran dan seminar Green City Indonesia di Surabaya dan Jakarta, sebagai salah satu bagian dari program Jerman Fest. Kerjasama dan inovasi merupakan motto di balik program-program budaya dalam Jerman Fest". 

Jan Roennfeld, Direktur Pelaksana EKONID mengatakan, "Indonesia sedang berada dalam proses transisi menuju modernisasi dan urbanisasi. Teknologi modern akan sangat dibutuhkan untuk mengembangkan lebih banyak lagi nilai tambah perekonomian dan untuk menghasilkan barang-barang berkualitas tinggi sesuai dengan standar internasional serta terciptanya lingkungan hidup yang termutakhir dan berkelanjutan Saya percaya seminar dan pameran ini akan menambah pengetahuan dan wawasan dari Anda semua". "Kami senang dan bangga menjadi salah satu penyelenggara Green City Indonesia Exhibition and Seminar Series di Jakarta. Konsep Green City sebaiknya dapat segera diimplementasikan pada daerah-daerah perkotaan dan kami juga menginginkan agar generasi muda dapat turut serta secara aktif dalam mewujudkan pembangunan kota yang penuh perencanaan ke depan, papar Dekan Fakultas Teknik Unika Atma Jaya, Prof. Ir. Hadi Sutanto, MMAE., Ph.D. 

Jerman Fest merupakan inisiatif dari Kementerian Luar Negeri di Jerman yang diatur oleh Goethe-Institut Indonesia, Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, dan EKONID. Program ini dibentuk untuk mendorong pertukaran yang bermanfaat antara negara Indonesia dan Jerman, termasuk partisipasi tokoh terkemuka, institusi serta para pelaku budaya dari kedua negara dengan demikian, hubungan antara Indonesia dan Jerman akan semakin erat, agar mampu membangun dasar yang kuat untuk masa depan kreatif.


 Diskusi
Role of Media and Citizen Journalism 
in the Urbanization Challenge 

Moderator:
AJI Jakarta

Narasumber 1:
Ahmad Nurhasyim, Ketua, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Jakarta
Peran media di Tengah Tantangan Urbanisasi

Narasumber 2:
Wahyu Dhyatmika, Redaktur Pelaksana, Tempo,
Citizen Journalism; Gelombang Baru Jurnalisme

Narasumber 3:
STIKOM-The London School of Public Relations,
Communication strategy for public engagement towards green city

Narasumber 4:
STIKOM The London School of Public Relations,
Case study: using social media to deliver the green city concept


Slide foto-foto selama acara - 1

Slide foto-foto selama acara - 2




...

Tidak ada komentar: