Selasa, 01 Desember 2015

Memorial Lecture : Adnan Buyung Nasution

Memorial Lecture :
Adnan Buyung Nasution


Waktu :
Senin, 30 November 2015

Tempat :
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Jalan Diponegoro Nomor 74, Menteng, Jakarta Pusat.

Untuk mengenang semangat nilai-nilai keadilan dan Hak Asasi Manusia yang diusung oleh Alm. Adnan Buyung Nasution, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta melangsungkan acara “Adnan Buyung Nasution Memorial Lecture”.

Keynote speech :
Prof Toeti Heraty 

Diskusi panel :
  • Prof. Dr. Todung Mulya Lubis, S.H., LLM
  • Dr. Bambang Widjojanto,S.H., M.H., 
  • Asfinawati, S.H. 
  

ULASAN :

Henny Supolo (mantan ketua LBH) 1977  
Mengenal ABN sebagai ketua Senat. Todung yang membawanya ke LBH. Ngobrol dengan buruh perempuan. Pertemuan dengan ABN sangat sering. Bantuan hukum struktural adalah pendekatan kemanusiaan/pendidikan dengan belajar bersama. Kata kuncinya apa ? Tidak ada kesepakatan tolok ukur arti keberhasilan. Tahun 2009 diminta kembali ke LBH Jakarta. Rasa memiliki muncul bila komunitas dilibatkan. 
Bagaimana menghindari ketergantungan? Kita tidak memberi kesempatan komunitas berperan. Tahun 2009 ABN menelpon bantuan hukum struktural sudah tidak relevan. Tanggal 6 September 2015 menemui ABN yang minta meneruskan perjuangan LBH. 

Bambang Widjojanto. 
ABN tidak tergantikan dengan keunikannya. Kapandaian orasinya, kemampuannya, egoismenya, otoritariannya. Dan dedikasinya yang luar biasa untuk LBH/YLBHI. Cara pandang Bantuan Hukum Struktural untuk memahami bukan sekedar yang terlihat belaka tapi juga yang tidak teihat. Diminta ke Papua selama 8 tahun. Sebagai pengalaman berharga paling baginya. Kesombongan intelektual = kesombongan seorang dokter. Access to justice mendapat pengakuan dunia. Mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial. Hak konstitusional sesuai UUD 1945. Pendekatan Bantuan Hukum Struktural perlu dieksploitasi maksimal untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial. 

Asfinawati 
Ada ketua serikat pekerja Kompas dipecat. Pimpinan perusahaan Kompas mendekati ABN. ABN mengajarkan berdemokrasi.



Slide foto-foto selama acara



Press release :

klik gambar untuk memperbesar



Catatan Prof_ Frans Winata :

klik gambar untuk memperbesar





Slide Asfinawati :

klik gambar untuk memperbesar






www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: