Selasa, 26 Januari 2016

Menciptakan Model Bisnis UMKM Yang Sustain Di Era Digital

Seminar
Menciptakan Model Bisnis
UMKM Yang Sustain
Di Era Digital


Waktu :

25 Januari 2016

Tempat :
Ball Room, Hotel Shangri-La Jakarta

l Opening Speech : 
Asmawi Syam (Dirut Bank BRI) 

Sesi I 

Perkembangan UMKM Era Digital, Regulasi Dan Implementasi. 
  • Ida Rumondang (Analis Eksekutif Senior) Topik "Peraturan Dari OJK Untuk Mendukung Pembiayaan Sektor UMKM" 
  • Srie Agustina (Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag) Topik "Regulasi Dalam Pengaturan Perdagangan UMKM". 
  • Mohammad Irfan (Direktur UMKM Bank BRI) Topik "Perkembangan Pembiayaan UMKM". 
  • Subiakto (Pengamat UMKM. Founder dari Rumah UKM, CEO & Eksekutif Creative Director Hotline Advertising) Topik "Branding-After-Google" 

Moderator :
Ahmad Djauhar (wakil Pemimpin Umum Harian Bisnis Indonesia)

Sesi II
Inovasi Sebagai Syarat Mutlak Bisnis Model Era Digital
  • Nukman Luthfie (Pendiri Jualio.com)
  • Carline Darjanto (Pendiri COTTONINK "Inovasi dan Kreativitas di ERA Digital")
  • Muhammad Rosihan (Pengurus Asosiasi e-Commerce Indonesia IdEA bidang UMKM dan Komunikasi) "Model Bisnis UMKM dalan Dunia Digital". 

Moderator :
Adhitya Noviardi (GM Pemasaran dan Penjualan Bisnis Indonesia)


ULASAN Redaksi : 

Opening Speech :

Asmawi Syam (Dirut Bank BRI)
UMKM jadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tahan terhadap perubahan nilai tukar, krisis ekonomi. Sektor UMKM yang paling banyak menampung tenaga kerja di sektor non formal. Pelaku dihadapkan tantangan berat munculnya era Digital/Teknologi. Techno-entrepreneur yang bekerja secara digital. Misal rumah makan tanpa perlu buka warung. Buka salon tanpa perlu kantor salon secara fisik, tapi secaara digital. Biro perjalanan juga bisa online. Juga dihadapi dunia perbankan. Cross funding. System and technology. Technology Digital era bagi usia 15-25 tahun. 
Jasa salon datang ke rumah dan melakukan jasa salonnya. Tidak secara manual lagi. 58% di negara maju sudah digitalisasi pelayanan jasa keuangan. Tidak perlu hadir ke kantor bank. Belanja online di Indonesia tumbuh 6%/tahun. Di negara maju justru turun 6%. Era kini era generasi muda. Di negara maju 16-34 tahun usia emas. Bagaimana bisa bersinergi dengan start-up companies memanfaatkan teknologi digital. Mari bergandengan tangan. Mottonya "Ingin melayani yang belum terlayani dari Sabang s Merauke". Dengan komunitas bisa mendapatkan dana untuk membangun infrastruktur usaha. Sambut tantangan Era Digital menjadi peluang. 

Keynote Speech :
Rahmat Waluyanto (Wakil ketua Komisioner OJK)
Penting terutama dalam masa penuh tantangan. Diharapkan memberi kesempatan untuk pemahaman komprehensif era digital khususnya bagi UMKM. Dapat melewati 2015 dengan baik. Kondisi awal tahun 2016 masih mengalami tekanan. Menurunnya pertumbuhan ekonomi Tiongkok. Kita memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN. Kompetisi yang lebih tinggi. OJK akan mengambil kebijakan untuk mendorong perytumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas. 
Tahun 2016 OJK fokus 
1. Penguatan sektor jasa keuangan melalui UMKM. 
2. Penguatan sektor jasa keuangan jangka panjang. Memacu UMKM termasuk ekonomi kreatif. 40% kontribusinya. Menyerap 97% tenaga kerja. Mendukung stabilitas keuangan nasional. Penurunan risiko kredit jadi 50%, pengembangan modal ventura, mendorong penyaluran kredit untuk UMKM. Juga kepada usaha pemula. Program pendampingan. Menciptakan lapangan kerja. Mengurangi ketergantungan pada ekonomi global. UMKM perlu memanfaatkan teknologi digital. Misal situs online untuk menawarkan produk/jasanya. Sistem pembayaran digital. Toko digital tidak semahal toko fisik. Memperluas jangkauan pasar. Pelaku UMKM perlu kuasai teknologi digital. Dari sisi kualitas produk dan penguasaan pasar. Setiap elemen bagsa perlu mendukung Pemanfaatan teknologi digital. Pengusaha muda berusia dibawah 20 tahun. Bisnis hijab, kue online. Siapa tidak menguasai teknologi digital akan tertinggal. 

Sesi I 
Perkembangan UMKM Era Digital, Regulasi Dan Implementasi. 


Ida Rumondang 
Struktur perekonomian dunia bertransformasi dari berbasis sumber daya alam menjadi berbasis sumber daya manusia; dan dari era pertanian menjadi era industri lalu menjadi era informasi. Agar UMKM punya daya saing dan berkelanjutan perlu -memiliki tenaga kerja yang unggul (terampil, kreatif, produktif) OJK membuat perbaikan-perbaikan untuk memajukan UMKM. Penurunan Bobot Risiko UMKM. Penilaian Kualitas Kredit UMKM. Perkembangan Kredit UMKM menurun. Laku Pandai = layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif. Target 2016 pemberian kredit terhadap UMKM minimal 10%. 

Srie Agustina 
Bagaimana bisa memperkuat akses pembiayaan bagi pelaku UMKM, supaya usahanya berlanjut. Mendorong ekspor produk non migas. 9,5%/tahun. Mendorong pelayanan publik yang labih baik dengan online. Kata kunci "Setiap orang yang ingin melakukan usaha perdagangan punya legal standing identity yang jelas" Prinsip Penyelenggaraan TPMSE adalah itikad baik; kehati-hatian; transparansi; keterpercayaan; akuntabilitas; keseimbangan. Voluntary self-control not mandatory. Regulatory yang nyaman. Minus 2,4% pertumbuhan kredit UMKM. Penjualan via online 18 miliar USD di tahun 2015. 2020 diprediksi 65% keluarga akan belanja secara online. Payment gateway. Internet banking dan penggunaan kartu kredit masih rendah. Identitas yang jelas agar tercipta ekosistem e-commerce yang patut dipercaya dan memberikan kepercayaan bagi konsumen. Penjualan online maupun offline tidak boleh melanggar HAKI. Dan harus memenuhi SNI. Target pelatihan online untuk 1000 peserta di tahun 2016. 

Mohammad Irfan 
BRI hebat karena mengurusi UMKM. Jaringan Kerja BRI. E-channel & Unit Kerja ((Desember 2015). Jaringan kantor 9.952. ATM 22.792. Agen BRIlink 50.259. 635 Teras Keliling. Teras BRI kapal 'Bahtera Serve 1". EDCBRI 192.666. Lebih dari 50% kredit UMKM dilakukan oleh Bank BRI. Total debitur 11 juta nasabah. 2015 KURBRI yang disalurkan RP 16,2 Triliun untuk 920 ribu orang debitur. Skim kredit UMKM, bisnis mikro, bisnis ritel, bisnis program, dan jasa bank lainnya. Current products adalah Mass Banking; e-banking & channel; wealth management; kartu debet; kartu kredit, brizzi.
   
Subiakto Priosoedarson
Topik "Branding-After-Google"
Kini era internet yang berciri speed, dunia tanpa batas, world disruptions, media hari ini. Passive Media (one way communication) menjadi interactive Media. All your customers have at least one . Always on, always connected. Kecepatan migrasi ke smart phone 25 juta/tahun. Jualan lewat online. Packagingnya harus bagus. Misal beras hitam, buku-buku, Lele Cabeijo, Jualan hijab Casual Chic, Zalora, Bukalapak (pembiayaan, kemudahan pembayaran), Keuntungannya tidak hanya dikenal dalam negeri tapi seluruh dunia. Masalahnya cara deliverynya. Kalau anda tidak dikenal di Google maka dia dianggap tidak eksis. Misal Kopiko. "Gantinya Ngopi" contoh branding melalui digital. 
Uniknya UMKM adanya indikasi geografis. Misal Gudeg-Jogja. Nasi Jamblang-Cirebon. Asinan-Bogor. Jejak Digital punya banyak foto. Brand loyalty. Impresi brand anda apa yang dilihat di Google. Google jadi bench mark. Marketing After (konsumen mencari produk). Preference, conviction, Purchase. Before Google (produk mencari Konsumen). Awareness, knowledge, Liking, Preference, conviction, Purchase. Digital Marketing Attract, Sell, Wow. Public Relation channel ada twitter, FB, email, instagram, skype. Jika anda tidak membranding produk anda, orang lain akan membranding anda. Misal BCA = Bank Cape Antri. 

Moderator :
Ahmad Djauhar (wakil Pemimpin Umum Bisnis Indonesia)

Inspirator :
Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. (Pakar manajemen, Guru Besar FEUI)
Membahas growth mindset versus fixed mindset. Orang-orang hebat bukanlah orang jenius belaka, tapi bisa juga dari orang biasa yang tekun dan konsisten. 
Beberapa butir penting sebagai berikut 
1. Populasi dunia dan urbanisasi. 
2. Kelas menengah. 
3. Tantangan tenaga kerja usia lanjut di dunia.
4. Masyarakat Ekonomi ASEAN. 
Beberapa Indonesia Disruptions ada 
1. Jokowi Effect. Percepatan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan. Sinergi BUMN dan right sizing 
2. Kegaduhan pertanda gejolak perubahan. Moslem middle class melakukan umrah saat libur akhir tahun 2015. 
3. Generation C (Connected generation)
4. Susi Pudjiastuti Effect. Metakognisi dan action. 
5. BRI effect. 
6. Selfie effect. 
7. Indonesiax.co.id sekolah gratis. 
8. Go-Jek effect. 
9. BUMN effect. 
Bukan siapa lawan siapa, atau Kerupuk lawan Kerupuk, atau Indocement lawan Holchim. Tapi pertarungan Business Model lawan Business Model. Misal konsep nongkrong Kios Seven Eleven menyediakan wifi bagi pengunjungnya. Properti dulu membangun Perumnas. Kini membangun Superblock. Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung versi Tiongkok dan Jepang. Otak hewan sebelum lahir sudah terpogram; sedang otak manusia kecenderungannya dapat diperbaharui dan dapat menyesuaikan atau terperangkap dalam zona nyaman, menjadi rutin. Hewan begitu lahir langsung bisa berjalan. Sedang bayi manusia pada saat lahir belum/tidak bisa berjalan. 

Sesi II 
Inovasi Sebagai Syarat Mutlak Bisnis Model Era Digital. 


Nukman Luthfie 
sukses di dunia online, owned property, paid media, earned media, social platforms. batikunik.com batikindonesia.com social media dikunjungi 69% FB. 72juta pengguna internet. Mobile connection 308 milion. Active media social users 64 milion. Social media mainan baru yang harus dikuasai pengusaha. Pengguna twitter cenderung belanja lebih awal/dulu daripada pengguna facebook. Social commerce trend. 

Carline Darjanto 
Tidak suka kerja kantoran. Awalnya menjual syal online di 2008. September 2015 bekerja sama dengan Raisa (Penyanyi). Yang penting adalah idenya dulu. Misalnya membuat baju wanita buatan Indonesia. Punya toko di Kemang. Bikin usaha tidak gampang, perlu kerja keras dan konsistensi. Motto Celine Darjanto & Ria Sarwono "Semua itu mungkin" semua dimulai dari impian. 

Muhammad Rosihan 
"Model Bisnis UMKM dalan Dunia Digital". UMKM sekarang ini harus pakai digital. Kebiasaan konsumen berubah. Semua orang punya smart phone android. Multichannel online presence. Semua channel dimanfaatkan untuk memasarkan produk/jasa. Bikin sekaligus banyak situs jualan online dan buka banyak toko sesuai kategori. Benefit of multichannel "low cost customer Acquitition" Acquitition Concept. 

Moderator :
Adhitya Noviardi (GM Pemasaran dan Penjualan Bisnis Indonesia)


Slide foto-foto selama acara

...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Info Bisnis Twitter E-commerce sangat mengejutkan dan membantu sekali. terimakasih atas informasi, sering2 berkunjung nich biar bisa berbisnis di twitter e-commerce sampai viral.