Rabu, 28 Oktober 2015

Seminar Parenting Minat Baca "Optimalisasi Peran Orangtua Sebagai Teladan dan Motivator Minat Baca Anak Usia Dini di Era Digital"

Seminar Parenting 
Minat Baca 
"Optimalisasi Peran Orangtua 
Sebagai Teladan dan Motivator 
Minat Baca Anak Usia Dini 
di Era Digital" 

 

Waktu : Rabu, 28 Oktober 2015

Tempat : 
Perpustakaan DKI, TIM
Jl. Cikini. 

Penyelenggara :
Badan Perpustakaan & Arsip Daerah (BPAD) Propinsi DKI Jakarta

Narasumber :
  • Dr. Tjahjo Suprajogo MSi 
  • Ir Adiyati Fathu Roshonah MPd 
  • Qurrota Aini 


ULASAN : 

Ir. Adiyati Fathu Roshonah 
Kecerdasan linguistik. Semua anak itu cerdas dan tidak ada anak yang bodoh. Keterampilan membaca dan menulis diperlukan oleh tipe anak kinestetik, visual maupun tipe audio. Manusia adalah pembelajar alamiah, pertama belajar secara oral. Faktor internal dan eksternal berpengaruh. Determinan biologis dan faktor lingkungan. Anak menyusun pengetahuannya sendiri. Tiap anak itu unik. Mendidik yang paling mudah adalah mendidik anak yang berusia dini. 

Dr. Tjahjo Suprajogo MSi. 
Semua yang kita lakukan itu alamiah. Ada proses pembentukan. Ibunya selalu mencatat dan menular ke dirinya. Misalnya mencoret-coret. Teori genetik dan teori membiasakan diri (habitual). Mitos menulis adalah bakat. Peran pengasuhan ibu begitu dominan dalam mempengaruhi anak. Peran ayah dalam pembentukan karakter. Habituasi sejak anak usia dini dalam keluarga adalah sangat penting. Ayah bunda harus punya komitmen yang sama dalam mendidik anak. Untuk remaja juga perlu habituasi. Mengajak anak ke Perpustakaan, ke penjual buku loak, toko buku, wisata buku. Remaja sudah sadar/kognisi mana yang baik dan mana yang buruk. Listening skill, speaking skill, reading skill, writing skill.  

Slide foto-foto selama acara


Slide Dr_ Tjahjo Suprajogo MSi :

klik gambar untuk memperbesar



Slide Ir Adiyati Fathu Roshonah MPd :

klik gambar untuk memperbesar






















Tidak ada komentar: