Kamis, 08 Oktober 2015

Kuliah Umum “Agama, Nirkekerasan dan Budaya Perdamaian"

Nurcholis Madjid
Memorial Lecture IX 
“Agama, Nirkekerasan
dan Budaya Perdamaian" 

Oleh :
Prof. Chaiwat Satha-Anand


Waktu : 
6 Oktober 2015

Tempat :
Universitas Paramadina, Jakarta


ULASAN :

Prof. Satha-Anand menyampaikan dua kuliah tentang “Agama, Nirkekerasan dan Budaya Perdamaian”, Setiap tahun, Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD)

Yayasan Paramadina, mengadakan Nurcholish Madjid Memorial Lecture (NMML) untuk mengapresiasi dan melanjutkan sumbangan Almarhum Nurcholish Madjid, pendiri yayasan. Kegiatan ini terdiri dari penyampaian pidato dan penerbitan buku karya seorang cendekiawan publik yang dikenal luas berkat pemikiran, aktivisme, dan komitmennya kepada hubungan harmonis antara agama dan demokrasi. 

Tahun ini, NMML akan disampaikan Prof. Chaiwat Satha-Anand, Gurubesar Ilmu Politik Universitas Thammasat, Thailand, dan Ketua Komisi Nirkekerasan Strategis, Thailand Research Fund, sebuah tanki pemikir yang mengusulkan alternatif-alternatif kebijakan nirkekerasan kepada pemerintah. Berkat banyak karya dan aktivismenya, Prof. Satha-Anand juga dikenal luas sebagai pemikir, aktivis dan humanis yang rajin mengampanyekan panggilan nirkekerasan agama-agama dan budaya perdamaian. Karena itu pula, kawan baik Almarhum Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid ini kini dipercaya sebagai Senior Research Fellow pada Institute for Global Peace and Policy Research dan penasihat akademis pada International Center for Nonviolent Conflict (ICNC). 


Prof. Satha-Anand menyampaikan dua kuliah tentang “Agama, Nirkekerasan dan Budaya Perdamaian”, di Jakarta (Universitas Paramadina, 6 Oktober 2015) dan Yogyakarta (CRCS, Sekolah Pascasarjana UGM, 8 Oktober 2015). Kedua kuliah akan dilengkapi peluncuran buku karangannya, “‘Jika Seseorang Memelihara Kehidupan…’: Esai-esai tentang Nirkekerasan dan Kewajiban Islam.” Di tengah makin mengerikannya tingkat kekerasan akhir-akhir ini, dan peran agama-agama di dalamnya, sepertinya tak ada yang lebih relevan untuk dibicarakan sekarang dibanding tema di atas. Bagaimana sebenarnya kaitan agama, terutama Islam, dan kekerasan? Apakah mungkin agama menjadi sumber perdamaian? Bagaimana agamawan dan organisasi agama bisa didorong untuk memainkan peran-peran perdamaian?  

Sumber ulasan :

Slide foto-foto selama acara

VIDEO ACARA :


https://www.youtube.com/watch?v=F1kDOW56x-0


Sajian Slide (Mulai yang paling bawah) :

klik gambar untuk memperbesar































www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: