Sabtu, 09 Mei 2015

Diskusi “Retrospeksi Komik Indie Kita”

Diskusi 
“Retrospeksi Komik Indie Kita”


Waktu :
Jumat, 8 Mei 14.00 – 16.00
 

Tempat :
Bentara Budaya Jakarta.
Jl. Palmerah Selatan No. 17 Jakarta.



 
Pembicara :
  1. Hikmat Darmawan (Pabrik Kultur)
  2. Mohammad Hadid (Akademi Sekuensial)
  3. Terra Bajragosa (Pengajar DKV ISI Jogja)

Host : 

Beng Rahadian (Akademi Samali)

16.30
Pemutaran Film:
American Splendor (Shari Springer Berman, Robert Pulcini);
Crumb (Terry Zwigoff).


Dalam rangka memeriahkan Pameran Komik Retrospektif Komik Indie Indonesia tahun 1995 – 2015, Bentara Budaya Jakarta bekerjasama dengan Akademi Samali menyelenggarakan putar film tetnang para komikus.   


Beng Rahadian (Pendiri Akademi Samali) menyimpulkan bahwa komik indie adalah lintas media; non toko buku distribusinya; gagasan cerita tidak dibatasi.

Hikmat Darmawan (Pabrik Kultur) menjelaskan riwayat munculnya Komik Indie dan sejarah terbentuknya Akademi Samali.
Mohammad Hadid (Akademi Sekuensial) sebagai kurator pameran menjelaskan beberapa karya komikus yang dipamerkan di BBJ.
Sedangkan Terra Bajragosa (Pengajar DKV ISI Jogja) menyampaikan pengalaman nyantrik kepada beberapa komikus sejak usia muda. Dan mengurai beberapa karya komikus yang dipamerkan.


Pemotongan tumpeng oleh Beng Rahadian sebagai perayaan syukuran 10 tahun Akademi Samali

Ada empat film yang akan diputar secara berurutan sebagai berikut :
Film pertama yang akan diputar yaitu CRUMB, dirilis tahun 1994 disutradarai oleh Terry Zwigoff. Film ini menceritakan tentang kisah komikus bawah tanah, Robert  Crumb, yang dikenal sebagai seorang yang kikir dan senang menyendiri bersama sesama kartunis.  Ia memiliki kepribadian yang rumit serta mengalami masa kecil yang bermasalah. Tahun 1960-an kelompok hippie bawah tanah, untuk pertama kalinya mengakui karya-karyanya sehingga Robert Crumb kemudian dikenal pelopor komik underground di Amerika. Film ini mendapat penghargaan National Society of Film Critics Award untuk film Non-Fiksi Terbaik.
Film kedua berjudul AMERICAN SPLENDOR.  Berkisah tentang kehidupan penulis buku komik underground Harvey Pekar, yang sangat eksentrik di Cleveland bersama istrinya Joyce Brabner yang sangat penyabar.  Film ini ditulis sendiri oleh Harvey Pekar dan istrinya Joyce Brabner dan dirilis pada 12  September 2003. Dibintangi oleh Paul Giamatti sebagai Harvey Pekar,  Harapan Davis sebagai Joyce Brabner dengan besutan sutradara Shari Springer Berman dan Robert Pulcini.   Film ini mendapat penghargaan  Writers Guild of America Award untuk Skenario Adaptasi Terbaik.


Slide foto-foto selama acara


www.NOMagz.com