Selasa, 21 Juni 2016

Forum Diskusi Kesehatan "Hidup Sehat itu Mudah. Tetap Sehat Dan Bugar Saat Puasa dan Lebaran"

Forum Diskusi Kesehatan
"Hidup Sehat itu Mudah.
Tetap Sehat Dan Bugar
Saat Puasa dan Lebaran"



Waktu :
Selasa, 21 Juni 2016

Tempat :
Bentara Budaya,
Jln. Palmerah Selatan No. 17, Jakarta Barat

Narasumber :
  • Dr Ari Fahrial Syam ApPD. (Pengamat Kesehatan Pencernaan, FKUI)
  • dr Suharko Soebarsi, SpPD-KEMD. (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia)
  • dr Verawati Sudarma, M Gz. SpGK (Siloam Hospital TB Simatupang)

Moderator :
  • Evi Rahmawati (Kompas)
  • Tasya (Sonora)


Ulasan Redaksi :

Sambutan :
James (Kompas)
Kerjasama yang ke 3. Topiknya tentang kesehatan. Membahas kiat kesehatan dalam menjalankan berpuasa. Masalah kesehatan memang menarik. Karyawan kompas yang baru masuk kebanyakan kolesterolnya sudah tinggi. Wartawan itu profesi, yang bekerja 14 jam/hari. Kita berharap sehat setiap waktu. Berharap ada hal-hal baik yang dapat kita pelajari.

Sambutan :
Budi Suharto-RS Siloam
Fungsi Rumah Sakit, tindakan-tindakan promotof, preventif, kuratif, rehabilitatifMisi edukasi kesehatan

Dr Ari Fahrial Syam ApPD. 
Orang Sehat saja dianjurkan puasa apalagi orang sakit. Orang yang punya masalah pencernaan/lambung akan sehat kalau berpuasa; sebab :
- Keteraturan. Pasien maag sembuh karena kebanyakan sakit maag jenis fungsional, akibat ketidak aturan waktu makan.
- Cemilan yang tidak sehat. Misal gorengan, coklat dan keju, kopi, rokok.
- Pengendalian diri. Sholat teratur berdampak sehat.
Sahur, buka puasa, jadi teratur. Penelitian penyakit dalam. Penyakit akibat asam lambung; karena gemuk, perokok, penyuka makanan asin, peminum kopi. Pada saat berpuasa gejala gerd rendah. Asam lambung terkendali saat puasa memasuki 10 hari pertama. Ada batal puasa karena diare, karena kebanyakan jenis makanan yang dikonsumsi. Misalnya es dan gorengan dan cabe. Es mengiritasi kerongkongan orang yang puasa.

dr Suharko Soebarsi, SpPD-KEMD.
6,7% penderita diabetes di Indonesia. Di dunia penyandang diabetes di Asia Pasifik. Di kantornya ada 5 orang dari total 15 orang stafnya diabetes. Gula yang tidak dikendalikan bisa komplikasi. Pembuluh darah ada di mana-mana di tubuh kita; kecuali. Ujung kuku dan ujung rambut. Dampaknya terjadi kecacatan dan kematian. Penyandang pre-diabetes 100-126 kadar gulanya jumlahnya 2-3x lipat penyandang diabetes.Akibat diabetes bisa stroke, mata buta, gagal ginjal, jantung, syaraf kaki tidak terasa, impoten. Kadar gula dibawah 60 menyebabkan keringat dingin. Upaya pencegahan gula dikendalikan. Gula di hemoglobin dibawah 7%.
Ada 3 upaya pengendalian diabetes :
- makan;
- aktivitas fisik;
- obat.
Puasa jangan dianggap hukuman sehingga balas dendam saat buka.Harus disiplin. Jumlah kalori dihatung. Sesuai berat badan, tinggi badan, kurus tidaknya, usianya, hamil tidaknya.Puasa dibalik pola makannya. Siang tidak makan.Penyandang diabetes saat buka puasa 50%, 10% makanan kecil setelah tarawih, 40% saat sahur. 90% air kandungan tubuh kita. Mengadakan buka puasa. Dan melambatkan sahurnya. Di USA puasanya 20 jam.
Risiko berpuasa, terjadi :
- dehidrasi;
- hipoglikemia
- hiper glikemia
- pengentalan darah.
Glusagon sangat berperan bagi penderita diabetes. 2 liter asupan air minum per harinya. Obat diabetes dimakan saat makan besar. Siapa yang tidak boleh berpuasa? penderita diabetes tipe I, penderita diabetes akut sejak anak-anak. Dianjurkan sering mengontrol kadar gula bagi penderita diabetes. Kadar dibawah 70 dan diatas 360 dilarang berpuasa.

dr Verawati Sudarma, M Gz. SpGK
Puasa 8-12 jam, mengambil cadangan karbohidrat; lewat 12 jam baru membongkar lemak. Dampak berpuasa, terjadi efek detoksifikasi; efek pemulihan bagi ginjal dan hati. Pengaturan makannya, 30% saat sahur, 40-50% saat buka 10% snack saat setelah tarawih. Terjadi penurunan berat badan bila puasa dengan benar. Kolak, bubur sumsum satu porsi sudah 400 kalori. Boleh makan yang manis tapi porsinya kecil. Dianjurkan makan kurma 3 biji. Jus buah, sup bening, setelah 30 menit baru makanan berat.
Maksimal 25 gram gula (6 sendok the) wanita. Pria maksimal 9 sendok teh gula. Karbohidrat lengkap/komplek, protein untuk jaga sel otot, lemak yang baik yang mengandung omega 6, serat.Susu rendah lemak, rendah kalori, yogurt. Metabolisme turun saat puasa. Kalau berpuasa dengan benar dalam 1 minggu berat badan bisa turun 1/2 sampai 1 kg. Minum 2-3 liter air.

Slide foto - foto selama acara


NOMagz.com

Tidak ada komentar: