Rabu, 17 Desember 2014

Seminar Jaya Giri Jaya Bahari "Refleksi 10 tahun Tsunami"

Seminar Jaya Giri Jaya Bahari 
"Refleksi 10 tahun Tsunami" 




Waktu :
17 Desember 2014, 

Tempat :
Bentara Budaya Jakarta.

Dibuka Oleh :
Ibu Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan & Perikanan RI).

Sambutan:
Hariadi Saptono (Direktur BBJ);
Ninuk (Harian Kompas).


Dibuka oleh: 

Ibu Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan Dan Perikanan).

Pembicara:

  • Dr. PM Laksono;
  • Yoko Takafuji MBA;
  • Dr. Abdul Muhari.
Moderator: 
Irina Rafliana



ULASAN :

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak mampu membendung air matanya ketika menceritakan bencana tsunami di Pangandaran pada 2006. "Saya sedih karena pada saat bencana itu Pangandaran tidak mendapatkan bantuan yang memadai karena dianggap bukan bencana nasional, tidak seperti tsunami Aceh," kata Susi sambil menangis dalam seminar Jaya Giri Jaya Bahari di Bentara Budaya Jakarta, Rabu, 17 Desember 2014.
Susi mengatakan waktu itu Pemerintah Jawa Barat mengklaim kejadian tersebut tidak termasuk dalam klasifikasi bencana nasional. Akibatnya, bantuan yang disalurkan terbatas. "Ada kapal rumah sakit terapung di Nias saya minta untuk berlabuh di Pangandaran tapi enggak bisa karena (tsunami Pangandaran) bukan bencana nasional," ujar Susi.
Padahal, Susi menjelaskan, rumah sakit di Banjar sudah penuh menampung korban tsunami. Susi mengatakan saat itu dia sangat marah. "Memangnya korban tsunami Pangandaran tidak sedih seperti korban tsunami Aceh?" kata Susi.




Susi mengatakan sikap humanis sangat penting untuk menyikapi bencana tsunami. Susi berharap semua korban tsunami dapat diberi bantuan yang cukup tanpa ada klasifikasi tertentu. "Korban bencana alam tidak bisa digolongkan dalam level tertentu. Kita harus saling menolong sesama manusia," ujar Susi.

sumber tempo

Slide foto-foto selama acara


www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: