Selasa, 16 September 2014

Seminar dan Pameran "Hitam Putih Indonesia Dalam Goresan Augustin Sibarani"

Seminar  dan Pameran
"Hitam Putih Indonesia 
Dalam Goresan Augustin Sibarani"
.

Waktu:
16 September 2014

Lokasi:
Perpustakaan Nasional, Jakarta

Sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka Pameran Koleksi Perpustakaan Nasional RI  Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca, diadakan seminar dan workshop.


Perpustakaan Nasional memamerkan 129 karikatur karya Augustin Sibarani yang pernah dimuat di Harian Bintang Timur terbitan 1956-1964, pada 15 September hingga 15 Oktober.
"Perpustakaan Nasional menampilkan karikatur Augustin yang masih bisa direproduksi. Kurator pameran ini adalah Sanggam Gorga Sibarani yaitu anak dari Augustin Sibarani," kata Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Welmin Sunyi Ariningsih di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (15/9).

Pameran sebulan itu bertema Hitam Putih Indonesia dalam Goresan Augustin Sibarani. Bintang Timur dan karikatur karya Agustin merupakan salah satu koleksi penting Perpustakaan Nasional.
Sanggam mengaku terpukau melihat karya ayahnya tersimpan baik di lantai delapan Perpustakaan Nasional. Menurutnya gambar-gambar tersebut menceritakan sejarah di Indonesia pada tahun 1956-1964.
"Ayah saya dulu editor kartun di koran Merdeka, Pedoman, dan Bintang Timur. Karyanya yang fenomenal banyak di Bintang Timur," kata Sanggam Sibarani.
Ia mengatakan, karikatur yang dibuat Augustin pada masa itu banyak bercerita tentang kondisi di dalam Indonesia maupun di luar negeri, seperti semangat nasionalisme memberantas kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.
Beberapa karikatur yang dipamerkan dianggap masih masih relevan dengan konteks Indonesia kini seperti karikatur berjudul Bagaimana Si Kancil Bisa Sampai ke Kandang? yang menggambarkan seekor kancil yang hendak menyeberang ke sebuah pulau berisi sandang pangan namun di sepanjang jalan tersebut dipenuhi buaya yang bertuliskan koruptor, penipu, birokrat, dan lain-lain.


Selain 129 karikatur tersebut, Perpustakaan Nasional juga memamerkan tujuh buku mengenai karikatur Indonesia, buku-buku tersebut adalah 40 Tahun Oom Pasikom karya GM Sudarta, Indonesia, Duniaku karya Pramono R Pramoedjo, Humoria Jaya Suprana, Karikatur dan Politik karya Augustin Sibarani, Der Sozialismus in der Karikatur serta buku Teknologi dalam Karikatur.

sumber

Slide foto-foto selama acara

VIDEO ACARA :


http://www.youtube.com/watch?v=aDwaV8KQJw0



Parade Hasil Karya Augustin Sibarani:

klik gambar untuk memperbesar
































www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: