Minggu, 07 September 2014

Deklarasi Budaya Antara Lingkar Budaya Indonesia, Asosiasi Museum Indonesia, dan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia.

Deklarasi Budaya 
antara Lingkar Budaya Indonesia, 
Asosiasi Museum Indonesia 
dan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia
,

Waktu:
7 september jam 15,30 wib

Lokasi:
Galeri Cemara 6, Jakarta

Sambutan:
Ibu Sasmiyarsi (Lingkar Budaya Indonesia);
Pak Putu Supadma Rudana (Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia).

Orasi: Nunus Supardi (salah satu penulis Pernyataan Kebudayaan).




Desakan berdirinya Kementerian Kebudayaan mengemuka dalam acara bertajuk "Deklarasi Budaya Antara Lingkar Budaya Indonesia, Asosiasi Museum Indonesia, dan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia.
Acara digelar Senin (7/9/14) di Galeri Cemara, Jakarta.
Putu Supadma Rudana (Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia) menjelaskan bahwa perjuangan tersebut telah lama dilakukan. "Tahun 1951,54,57,60, 98,2008, dan bahkan 2013 telah dilakukan," tutur Putu.
Putu menekankan bahwa berbeda dengan masa lalu, "perjuangan kini lebih ditekankan pada kebersamaan, merupakan aspirasi kita semua, dan datang dari hati, lanjutnya.



Sementara dibentuknya Kementerian Kebudayaan  menarik bagi penulis buku Kementerian Kebudayaan Indonesia, Nunus Supardi, karena memang dalam Kongres Kebudayaan tahun 1948 telah rekomendasi perlunya Kementerian Kebudayaan. "Artinya keinginan, para budayawan yang dilhirkan dalam Kongres Kebudayaan, kata Nulus. Bagi pemerhati kebudayaan ini, Kongres Kebudayaan adalah kongres tertinggi bagi para budayawan.
Menurut Nulus, para pengambil keputusan di negara ini tidak paham soal kebudayaan. "Bahkan kebudayaan hanya dipahami sebagai kesenian saja," lanjutnya.
Nunus Supardi sendiri yang kemudian membacakan Pernyataan Kebudayaan dalam acara tersebut, yang kemudian mempersilahkan para hadirin untuk mengoreksi bila masih ada yang perlu diperbaiki.



Slide foto-foto selama acara



http://www.youtube.com/watch?v=Ve0Vy_RC0nY




Pernyataan Kebudayaan:

klik gambar untuk memperbesar





www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: