Sabtu, 27 September 2014

Pemutaran dan Diskusi Film Forum Muda Paramadina : Tae Guk Gi

Pemutaran dan Diskusi Film
Forum Muda Paramadina :
Tae Guk Gi 

Waktu:
Jumat, 26 September 2014, 16.00-20.30 WIB

Lokasi:
Pisa Cafe, Jl. Mahakam No, 11 Blok M, Jakarta Selatan

Pasca pemutaran film dan makan malam, diadakan diskusi mengenai film yang baru saja diputar.

Narasumber:
Hikmat Darmawan (pengamat komik, film, dan budaya pop)
 
Moderator:
Ihsan Ali-Fauzi 


ULASAN:

Film yang diputar di bulan ini adalah Tae Guk Gi (Brotherhood of War), sebuah film Korea Selatan tahun 2005 yang mengisahkan dua bersaudara, Jin Tae Lee dan Jin Seok Lee yang terpaksa ikut berperang dalam perang saudara Korea di tahun 1950. Jin Seok Lee, sang kakak, mengajukan diri untuk ikut dalam pasukan untuk melindungi adiknya, Jin Tae Lee yang dipaksa bergabung di garis depan. Dinamika perang membuat hubungan keduanya berujung tragis.

Film ini menjadi salah satu film tersukses dalam sejarah perfilman Korea Selatan dan memenangkan berbagai penghargaan internasional. Dalam Festival Film Asia Pasifik ke 50 tahun 2005, film ini memperoleh penghargaan sebagai film terbaik dan Kang Je Gyu, dinobatkan sebagai sutradara terbaik. Tae Guk Gi menjadi salah satu dari empat film Korea yang diputar dalam Festival Film Internasional Fajr 2006 di Iran. Pada tahun 2004, dalam Grand Bell Awards, penghargaan utama untuk film di Korea Selatan, film ini memenangkan penghargaan teknis: untuk penataan artistik, sinematografi, dan efek suara.


Forum Muda Paramadina (FMP) adalah badan di bawah PUSAD Paramadina yang fokus dalam memobilisasi energi kaum muda untuk melakukan studi dan advokasi ke arah Indonesia yang lebih baik, sesuai dengan misi Pusad Paramadina. Salah satu program bulanan FMP adalah pemutaran dan diskusi film. Dalam program ini diputar film-film peraih penghargaan internasional yang akan didiskusikan bersama narasumber berkualitas. Selain menikmati aspek sinematografi, program ini diharapkan menjadi sarana untuk mempelajari gejala-gejala sosial, ekonomi, politik, budaya, dan keagamaan di seluruh dunia. Program yang terselenggara atas kerjasama dengan Kafe Pisa Mahakam dan LSI Community ini gratis dan terbuka untuk umum (dengan reservasi).

 
https://www.youtube.com/watch?v=zSZKWLYvDLc


www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: