Minggu, 04 Mei 2014

The 4th Indonesia Climate Change : Education Forum & Expo

Acara tahunan Indonesia Climate Change kali ini memasuki tahun keempat.


Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) menyelenggarakan Forum Edukasi dan Pemeran Perubahan Iklim se-Indonesia The 4th Indonesia Climate Change Education Forum & Expo (ICCEFE) yang digelar 1-4 Mei 2014 di Assembly Hall Jakarta Convention Center. Pameran dan Forum Edukasi tahun ini bertemakan “Peran Perempuan dan Pemuda dalam Solusi Perubahan Iklim.”


Deputi Menteri Lingkungan Hidup Karliansyah selaku PLT Sekretaris Menteri Lingkungan Hidup menyatakan kegiatan pada pada tahun keempat ini merupakan promosi solusi perubahan iklim yang dilaksanakan oleh pemangku kepentingan, sekaligus wadah tukar menukar informasi mengenai berbagai upaya yang ada.

‘’Forum menjadi sumber informasi untuk menambah kesadaran dan pemahaman tentang perubahan iklim,’’ ujar Karliansyah  dalam pidato pembukaan ICCEFE ke-4, Jumat (2/5).

Sementara, Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi, Amanda Katili Niode menyatakan, tema “Peran Perempuan dan Pemuda dalam Solusi Perubahan Iklim” ini adalah sebuah pilihan untuk merespons kebijakan pengarustamaan gender dalam mengadaptasi perubahan iklim di dalam kerangka kerja untuk menjawab tantangan yang dihadapi Indonesia dalam menyikapi perubahan iklim.

Menurutnya, Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen pada tahun 2020 dengan upaya nasional dan 41 persen dengan bantuan pendanaan internasional. Komitmen tersebut dituangkan dalam Perpres No 61 Tahun 2011, tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN-GRK).
 


‘’Forum edukasi dan pameran ini merupakan  sebuah bentuk nyata kemajuan program dan aksi perubahan iklim di Indonesia, terutama bagi kaum muda khususnya perempuan,’’ ujar Amanda.


Ia melanjutkan, ICCEFE ke-4 ini merupakan gabungan dari berbagai aksi inovatif terkait perubahan iklim, yang meliputi kegiatan efisiensi energi terbarukan, edukasi perubahan iklim, infrastruktur hijau, green city, transportasi dan industri ramah lingkungan, inovasi teknologi, investasi dan pasar karbon serta green business.



Berbagai bentuk komunikasi perubahan iklim tersebut merupakan program dan aksi oleh Kementerian, pemerintah daerah, perusahaan BUMN, swasta, organisasi internasional, LSM, dunia pendidikan, dan UKM ramah lingkungan. Diperkirakan ICCEFE 2014 dengan 175 pemangku kepentingan yang memamerkan kegiatannya akan dihadiri oleh lebih dari 55.000 pengunjung yang terdiri dari berbagai kalangan.

sumber harian terbit


Slide foto-foto selama acara


VIDEO ACARA........................................................................VIDEO ACARA











---------------

Tidak ada komentar: