Sabtu, 31 Mei 2014

Deklarasi Gerakan Nasional: Relawan Matahari Indonesia: Jokowi-JK

* reported by Lie Hjun Jung

Calon Wakil Presiden Jusuf Kalla hadiri Deklarasi Relawan Matahari Indonesia (RMI), di Panti Trisula Perwari, Jl Menteng Raya 35, Jakarta Pusat, Sabtu (31/5/2014).



Kalla datang seorang diri tanpa pasangannya, calon presiden Joko Widodo (Jokowi).

Relawan Matahari Indonesia merupakan para aktivis Muhammadiyah dan beberapa pihak yang telah bersepakat menyatakan, Jokowi JK adalah pemimpin terbaik untuk 2014-2019. 


Relawan yang dibentuk oleh beberapa komponen organisasi Islam Muhammadiyah ini, menyatakan siap mendukung Jokowi-JK dalam kompetisi Pilpres 2014. Walau sempat terlambat dari jadwal, JK yang sudah datang sejak pukul 11.30 WIB menggunakan minibus mewah bewarna hitam, rela menunggu acara dimulai.



Bersama beberapa relawan RMI, JK menuju ruangan deklarasi di aula gedung Perwari. Acara dimulai dengan pembacaan Alquran, dilanjutkan dengan sambutan dari koordinator RMI Izzul Muslimin.
"Sebagian besar komponen RMI ini adalah aktivis Muhammadiyah. Muhammadiyah sudah menyatakan bersikap netral sebagai organisasi, namun kami sebagai individu mendukung bapak untuk menjadi capres dan cawapres," ucap Izzul.


Setelah membacakan deklarasi dukungan ke pasangan Jokowi-JK, RMI berfoto bersama dengan JK dan menyerahkan sapu sebagai sebuah simbol pesan dan harapan RMI kepada pasangan ini.
"Saya diberi sapu yang memiliki banyak makna. Menghapuskan korupsi, menghapuskan kemiskinan, dan memiliki makna yang lain," ucap JK dalam sambutannya.


Banyak lambang untuk menyimbolkan sebuah upaya berjuang demi kebaikan, salah satunya sapu.
Calon Wakil Presiden RI 2014-2019 Jusuf Kalla menerima sapu dari Relawan Matahari Indonesia di Jakarta (31/5).  


JK memegang sapu lidi sebagai simbolis untuk membersihkan Indonesia

Sapu ini diberikan oleh para relawan sebagai  simbol kepercayaan pada  upaya dan perjuangan JK untuk mendampingi Jokowi memimpin Indonesia nanti 2014-2019.

Dalam acara bertajuk Deklarasi gerakan Nasional Relawan Matahari Indonesia untuk Jokowi-JK ini, JK yang hadir mengenakan kemeja putih dan berpeci mengatakan kalau apa yang ia perjuangkan selama ini tak berubah: Lebih cepat lebih baik.




JK tampil dengan kemeja putih lengan panjang, celana bahan, dan peci hitam. Mantan wakil presiden periode 2004-2009 itu disambut mantan ketua umum Partai Amanat Nasional Soetrisno Bachir, Koordinator RMI Muhammad Izzul Muslimin, dan aktivis organisasi masyarakat Perhimpunan Pergerakan Indonesia M Harmat.

Menurutnya, slogan perjuangan itu bukan slogan sembarangan sebab itu diwujudkan dari apa yang telah menjadi semangat banyak umat, "fastabiqul khairat," berlomba-lombalah dalam kebaikan.

"Lebih cepat lebih baik itu fastabiqul khairat. Berlomba-lomba siapa lebih cepat, dan untuk kebaikan," ujar JK disambut tepuk tangan ratusan relawan termasuk yang hadir Sutrisno Bachir mantan ketua PAN dan Andi Sinulingga tokoh muda Golkar.




Deklarasi dukungan Relawan Matahari ini merupakan bagian dari rentetan dukungan pada Jokowi JK untuk memimpin Indonesia 2014-2019.
Gema deklarasi relawan terus menjalar ke berbagai daerah dan kalangan. Para relawan bukan hanya datang dari berbagai suku, tapi juga profesi dan partai.

Acara ini kemudian ditutup dengan doa bersama. Setelah itu, JK langsung meninggalkan lokasi. Rencananya JK bersama Jokowi akan hadir dalam acara pernyatan dukungan Dahlan Iskan, di Sentul, Bogor.


Slide foto-foto selama acara


Press Release (klik untuk memperbesar)







www.nomagz.com

Tidak ada komentar: