Jumat, 23 Mei 2014

Festival Hari Museum Internasional 2014 dan 236 Tahun Museum Nasional Indonesia

* reportase Lie Hjun Jung dari Museum Nasional

Selama sepekan, yakni tanggal 17 sampai 24 Mei 2014, Museum Nasional Indonesia menyelenggarakan Festival Hari Museum Internasional sekaligus 236 Tahun Museum Nasional Indonesia.

Tema yang diusung tahun ini adalah "Museum Nasional Dulu, Kini, dan Akan Datang".


klik untuk memperbesar

Penjelasan :

Kini Museum Nasional Indonesia makin memantapkan diri menjadi "Rumah Budaya" dimana masyarakat mendapat ruang dalam mengembangkan kebudayaan melalui kunjungan dan berbagai aktivitas di Museum. Sejalan untuk mendukung hal tersebut,


klik untuk memperbesar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam hal ini Museum Nasional Indonesia menyelenggarakan Festival Hari Museum Internasional dan 236 Tahun Museum Nasional Indonesia, yang mengusung tema "Museum Nasional Dulu, Kini, dan Akan Datang".


klik untuk memperbesar


 Pada Festival ini, masyarakat disuguhkan berbagai kegiatan selama sepekan, 17-24 Mei 2014. Berikut rangkaian acara tersebut: 17 Mei 2014 acara pembukaan Festival yang dimeriahkan bebagai pertujukan seni tari dan musik dari seluruh Nusantara. Ada juga perlombaan menulis essai dan komik, demo membatik, demo membuat wayang, serta pameran Potret Museum Nasional.

klik untuk memperbesar

Tidak hanya itu, terdapat children corner bagi adik-adik yang tertarik belajar menjadi kurator dan konservator terhadap benda koleksi Museum. Pada 17-24 Mei 2014, kegiatan pameran Potret Museum Nasional terus dapat dinikmati masyarakat. Jangan lewatkan juga berbagai workshop, children corner, dan demo kreativitas seni dan kriya setiap harinya.


Tidak ketinggalan seminar yang sangat menarik mengenai Kekunaan Singhasari dan pertunjukan video mapping yang dapat dinikmati masyarakat pada 23-24 Mei 2014. Untuk acara puncak, Gebyar Festival, akan dilaksanakan pada 24 Mei 2014 menampilkan pagelaran seni tradisional dan modern. 

Launching Video Mapping Singosari Kingdom. @ httpwww.singosari.info
Mengakhiri kegiatan festival, Museum Nasional Indonesia turut berpartisipasi pada Festival Museum Day di kawasan Kota Tua Jakarta pada 31 Mei 2014. Mari bersama-sama menjadikan berkunjung ke museum sebagai suatu kebutuhan, cermin tingginya peradaban bangsa dan kecintaan terhadap kebudayaan Indonesia. Selamat berkunjung. (Arifah)


 
Slide foto-foto lain
---------

Tidak ada komentar: