Senin, 07 Juli 2014

Diskusi “Thomas Piketty: Kapital dan Keadilan Ekonomi”

Diskusi “Thomas Piketty: Kapital dan Keadilan Ekonomi” 

Waktu :
Senin, 7 Juli 2014
Waktu : Jam 19.00 – 21.00

Lokasi :
Ruang Diskusi Wisma Proklamasi, Jl. Proklamasi No. 41, Menteng, Jakarta Pusat.

Pembicara :
1. Faisal Basri (ekonom dan politisi)
2. Haryo Aswicahyono (ekonom dan peneliti CSIS)

Moderator : Ulil Absar Abda'la

Penerima Hadiah Nobel Paul Krugman mengatakan bahwa Capital in the Twenty-First Century (2014) karya Thomas Piketty akan menjadi buku ekonomi terpenting tahun ini, bahkan dekade ini. 

Buku dengan hampir 700 halaman ini, memaparkan rincian dan dinamika ketimpangan pendapatan dan kekayaan yang terentang sepanjang dua abad. Telaahnya menyimpulkan gejala menguatnya konsentrasi pendapatan pada segelintir elit ekonomi. Ia juga meramalkan kemungkinan kembali bangkitnya “kapitalisme patrimonial” di mana pengaruh ekonomi ditentukan bukan hanya oleh kekayaan yang diperoleh dengan keringat, tapi terutama oleh kekayaan yang diwarisi, yang membuat silsilah lebih penting daripada bakat dan kerja keras.


Telaah dan ramalan Piketty yang didukung oleh data statistik yang mengesankan itu, telah menimbulkan tanggapan yang sangat ramai, khususnya di Eropa dan Amerika. Dukungan dan koreksi untuk Piketty bermunculan di berbagai penjuru.
 
Untuk lebih memahami buku Piketty itu, dan untuk memperdalam perbincangan tentang keadilan ekonomi dan upaya-upaya untuk menegakkannya tanpa menghambat pertumbuhan kebebasan, Freedom Institute kerja sama dengan FNF Indonesia akan mengadakan diskusi buku Capital in the Twenty-First Century tersebut.

Slide foto-foto selama acara
Diskusi yang terbuka untuk umum dan tak memungut bayaran ini didahului dengan acara buka puasa bersama. 


VIDEO ACARA :



                      https://www.youtube.com/watch?v=ftqVyLW1l_4




www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: