Senin, 25 Agustus 2014

Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XIV

Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XIV 
dan Pemberian Penghargaan 
Sarwono Prawirohardjo XIII Tahun 2014 
 .

Waktu:
Senin, 25 Agustus 2014, 09.00 WIB.

Lokasi:
Auditorium LIPI, Jl. Gatot Subroto Kav.10 Jakarta 


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar dua perhelatan besar sebagai rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-47 pada tahun ini. Perhelatan akbar itu adalah Sarwono Prawiroharjo Memorial Lecture (SML) XIV dan pemberiaan Penghargaan Sarwono Prawirohardjo (Sarwono Award) XIII. Penyelenggaraan SML XIV memberikan tempat terhormat bagi Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, SpGK (Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)) untuk menyampaikan orasi ilmiah. Orasi tersebut bertajuk “Bonus Demografi: Tantangan Penelitian untuk Pengabdian dalam Pembangunan Negeri dan Bangsa”. Sedangkan, penerima penghargaan Sarwono Award XIII dianugerahkan kepada Prof. Dr. Sri Widiyantoro, seorang ahli geofisika/seismologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB).
 Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture (SML) dan Penghargaan Sarwono Prawirohardjo merupakan kegiatan keilmuan LIPI yang diselenggarakan setiap tahun dalam puncak acara Hari Ulang Tahun LIPI yang jatuh pada tanggal 23 Agustus. Selain itu, dua kegiatan tersebut juga merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasa Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo (almarhum) sebagai Bapak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sekaligus Ketua Pertama LIPI.
 
 

Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim mengatakan, penyelenggaraan SML dan Sarwono Award merupakan bagian dari tradisi LIPI sebagai lembaga keilmuan yang terkemuka di Indonesia. “Kami berupaya untuk peduli terhadap prestasi ilmiah dan dedikasi anak bangsa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, baik pada aras nasional maupun internasional melalui penyelenggaraan kegiatan tersebut,” tandasnya.


Lukman menuturkan, orasi ilmiah SML XIV kali ini disampaikan oleh Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, SpGK. “Ia terpilih karena dinilai memiliki pengalaman tidak hanya dalam masalah kesehatan, tetapi juga memiliki kapabilitas dalam bidang pendidikan maupun kependudukan dan saat ini menjabat sebagai Kepala BKKBN” paparnya. Puluhan buku dan makalah ilmiah juga telah ditulisnya baik di forum nasional dan internasional. Selain itu, sederet prestasi pun pernah diraihnya dalam skala nasional maupun internasional.


Sementara itu, Lukman melanjutkan, pemberian penghargaan Sarwono Prawirohardjo XIII diberikan kepada Prof. Dr. Sri Widiyantoro, Peneliti Utama bidang Geofisika/Seismologi ITB. Penghargaan Sarwono Prawirohardjo telah dilaksanakan sejak tahun 2001 sebagai bentuk apresiasi LIPI sebagai lembaga keilmuan yang terbesar dan tertua di Indonesia terhadap prestasi ilmiah serta dedikasi yang telah dicapai oleh para ilmuwan.


Saat ini, Sri Widiyantoro menjabat sebagai Dekan dan Guru Besar Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, ITB. Puluhan makalah ilmiah dan buku tentang geofisika telah dipublikasikannya baik nasional maupun internasional. Selain itu, ia juga meraih banyak penghargaan atas penelitiannya untuk melihat isi dari lempeng bumi melalui getaran yang dihasilkan oleh bumi. Dalam kepakarannya, saat ini ia menjadi Ketua Umum Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), anggota dari ICSU Regional Office for Asia and the Pacific (ROAP) dan national correspondent di International Association of Seismology and Physics of the Earth's Interior (IASPEI).


Slide Foto-foto selama acara

Beberapa Slide yang ditampilkan


VIDEO ACARA :


  
http://www.youtube.com/watch?v=lCqrpntWBtg


www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: