Minggu, 14 Juni 2015

Diskusi Energi Kita "Krisis Listrik Di Daerah"

Diskusi Energi Kita
"Krisis Listrik Di Daerah"

Waktu :
Minggu, 14 Juni 2015

Tempat :
Bumbu Desa Cikini, Jl. Cikini Raya 72. Jakarta Pusat

Narasumber :
  1. Wahnarno Hadi (Deputi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)
  2. Syamsuddin Hamid (Bupati Pangkep)
  3. Nadia Setyaningrum (PT Sewatama)

Moderator :
Wahyu Muryadi




ULASAN : 

Wahnarno Hadi (Deputi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) mengatakan program pemberdayaan masyarakat desa sudah ada sejak 2008. Mulai tahun ini ada alokasi bertahap RP 1,4 milyar/tahun/desa. Yang peruntukannya ditentukan oleh partisipatif masyarakat sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa.
Dari sekitar 74.000 desa yang ada di indonesia difokuskan 5.000 desa yang tertinggal, terluar dan terpencil. Sehingga diharapkan nantinya 2.000 desa tersebut menjadi desa mandiri. Programnya sudah tercantum pada Gerakan Pembangunan Desa Semesta. Dimana peran swasta, pemerintah, lembaga agama saling bersinergi untuk membengun desa.




Syamsuddin Hamid (Bupati Pangkep) menyampaikan kondisi daerah Kabupaten Pangkep yang luasnya 12 KM persegi, terdiri 10% daratan dan 90% laut, ada. 117 pulau, jumlah  penduduknya sekitar 340.000 orang.Pangkep daratan sekitar 80% penduduknya telah menikmati listrik sedangkan Pangkep kepulauan baru 40% yang menikmati listrik.
Energi listrik bukan hanya untuk penerangan tapi dibutuhkan untuk ekonomi produktif. Listrik juga diperlukan untuk pendidikan yang menggunakan perangkat komputer. Kabupaten Pangkep sejak 2014 entas dari kategori daerah tertinggal. Energi alternatif yang berasal dari limbah kotoran hewan sudah ada tapi jumlahnya masih sangat minim.Dana RP 1,4 milyar akan melengkapi anggaran daerah.

Nadia Setyaningrum (PT Sewatama) mengemukakan perusahaannya sangat tertarik untuk pengadaan listrik di daerah. Untuk itu diperlukan ijin dari PLN. Pihaknya juga melakukan pelatihan untuk mengoperasikan dan merawat pembangkit listrik yang dibangun. Pembangkit bisa berupa tenaga angin, gelombang air  dan sinar matahari disesuaikan dengan sumber daya alam setempat. Sistemnya berupa built operate and transfer. Jadi ada transfer of knowledge.


Press Release :

klik gambar untuk memperbesar





www.NOMagz.com

2 komentar:

donat kentang mengatakan...

terima kasih banyak gan atas informasinya

iKomputer mengatakan...

diskusi yg menarik