Sabtu, 20 Juni 2015

Nobar & Diskusi Film ROMERO

Nobar & Diskusi 
Film ROMERO 

Waktu :
Jumat, 19 Juni 2015,

Tempat :
Pisa Cafe, Jln. Mahakam No. 11 Blok M, Jakarta Selatan
 
Bersama :
Trisno Sutanto (Koordinator Penelitian Biro Litbang-PGI


ULASAN :

Pembunuhan Uskup Agung Oscar Romero pada tahun 1980 memicu protes dunia internasional. Romero adalah pemimpin spiritual yang kritis dan berani turun tangan mengorganisir aksi damai menentang pemerintah otoriter El Salvador.
Film ini disutradarai John Duigan (1989) dan dibintangi oleh Raul Julia, Richard Jordan, dan Ana Alicia.Akibat korupsi dan kemiskinan yang merebak di Amerika Tengah, pemerintah El Salvador menghadapi sejumlah gejolak protes dari masyarakat, yang berujung pada sejumah penyiksaan, penahanan sewenang-wenang dan pelanggaran hak asasi manusia. Militer menangkapi para aktivis, melakukan teror dan pembunuhan terhadap pemimpin agama (Oscar Arnulfo Romero). Aksi Romero ini dilatarbelakangi posisinya sebagai sang imam penganjur kejujuran, namun di sekitarnya terjadi penipuan. Dia menginginkan pemerintahan yang jujur, tapi kebohongan terjadi di banyak tempat. Ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya membuat Romero tidak bisa tinggal diam. Fakta dan nurani menuntutnya bergerak demi harkat kemanusian. Bagi Romero, menghindari “politik” berarti meninggalkan rakyat miskin sendirian dalam ketertindasan.



Film produksi Paulist Picture ini didiskusikan dengan diselingi acara buka puasa bersama.
Pemutaran & Diskusi Film merupakan acara bulanan Forum Muda Paramadina, bekerjasama dengan Kafe Pisa Mahakam dan LSI Community. Nobar bulanan memutar film-film peraih penghargaan internasional yang akan didiskusikan bersama narasumber berkualitas. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum (dengan reservasi melalui email ke nobarpisa@gmail.com - nama & nomor kontak).  

Slide foto-foto selama acara

www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: