Jumat, 13 Maret 2015

Nonton Bareng “The Imitation Game” dan Diskusi tentang Pemikiran & Kehidupan Alan Turing

Nonton Bareng
“The Imitation Game” 
dan Diskusi tentang 
Pemikiran & Kehidupan Alan Turing


Waktu :
Kamis, 12 Maret 2015


Tempat :
Ballroom Wisma Proklamasi

Jalan Proklamasi No. 41 Jakarta

Pembicara :
  1. Nirwan A. Arsuka (Pengamat Film & Sains)
  2. Ryu Hasan (Neuorosains)

ULASAN :

Saat ini mungkin hidup kita sudah terbiasa dan bahkan tak bisa hidup tanpa peralatan komputer canggih dalam bentuk PC maupun gadget. Nah, semua kecanggihan ini sebenarnya bermuara dari sebuah mesin rahasia yang digunakan Pemerintah Inggris di Perang Dunia II. Mesin ini dikenal sebagai mesin Turing. Diambil dari nama penemunya yaitu Alan Mathison Turing, seorang ahli Matematika & kriptoanalisis.
Alan Turing ketika itu bekerja sama dengan ahli kriptoanalisis untuk memecahkan Kode Enigma, yaitu sebuah sandi atau kode yang digunakan oleh Jerman di bawah kepemimpinan Hitler. Turing berhasil memecahkan kode enigma tersebut lewat mesin yang ia beri nama “Christopher”. Karena penemuannya ini perang dunia kedua ini tidak berlangsung lama. Turing juga disebut sebagai salah satu pelopor komputer digital.
Nah, untuk mengetahui lebih banyak tentang Alan Turing, Klub Sains Freedom bulan ini akan menyelenggarakan Diskusi tentang Pemikiran dan kehidupan Alan Turing, tokoh yang sangat berjasa dalam Perang dunia II tapi “ditutupi” bahkan “dikriminalkan” karena ia seorang gay. Sebelum diskusi berlangsung, diadakan nonton bareng film “The Imitation Game” sutradara Morten Tyldum yang diangkat dari buku berjudul “Alan Turing: The Enigma”, karya Andrew Hodges.


Tonton videonya di :

Nonton Bareng “The Imitation Game” dan Diskusi tentang Pemikiran & Kehidupan Alan Turing

https://www.youtube.com/watch?v=dTc_K4Tld8s


www.NOMagz.com

Tidak ada komentar: