Jumat, 09 Desember 2016

Rilis Survei Nasional SMRC "PROTES SOSIAL & LEGITIMASI KEPEMIMPINAN NASIONAL"

Rilis Survei Nasional
SMRC, 22-28 Nopember 2016.
PROTES SOSIAL & LEGITIMASI
KEPEMIMPINAN NASIONAL"



Waktu :
Jumat, 8 Desember 2016

Tempat :
Hotel Century, Jakarta

Narasumber :
  • Dr. Saiful Mujani (SMRC)
  • Prof. Dr. Salim Said (Pakar Pertahanan)


Ulasan Redaksi :

Dr. Saiful Mujani
Protes 4 Nopember 2016 sudah menjadi perhatian nasional, bukan hanya isu Ahok dan Pilkada DKI Jakarta. Secara nasional banyak yang mendukung atau bersimpati pada demo itu, namun bukan sebuah kekuatan mayoritas warga.
Klaim bahwa Ahok menista agama juga bukanlah klaim mayoritas warga. Sangat sedikit warga yang tahu persis ucapan Ahok tentang surat al Maida. Media massa, terutama media sosial berkontribusi bagi meluasnya opini anti-Ahok. Namun dari yang tahu bahwa Ahok meminta maaf dengan ucapannya, mayoritas warga memaafkan.
Banyak warga percaya bahwa demo 4 Nopember 2016 dimanfaatkan untuk kontestasi Pilkada DKI Jakarta. Jokowi masih memiliki legitimasi kepemimpinan nasional yang kuat, karena positifnya kondisi ekonomi, hukum, keamanan, dan kebebasan menjalankan agama. Adanya kesempatan politik DKI, dan ada mobilisasi sumber daya.

Prof. Dr. Salim Said
Adanya peran penting khotbah di masjid, tentang adanya ketakutan seolah Ahok tidak tersentuh hukum. Jokowi tidak mendapatkan nasehat/masukan yang pas dari para bawahannya. Dalam dunia politik, persepsi lebih penting dari fakta.






NOMagz.com

Tidak ada komentar: