Sabtu, 03 Desember 2016

Diskusi Syndicate Update "101 Pilkada 2017: Perang Cyber dan Perang Survei"

Diskusi
Syndicate Update
"101 Pilkada 2017 :
Perang Cyber dan Perang Survei"



Waktu :
JUMAT, 2 Desember 2016

Tempat :
Kantor PARA Syndicate,
Jl Wijaya TIMUR 3 No. 2A Keb. Baru Jaksel

Bersama :
  1. Bekti Waluyo
  2. Setri Yasra (Redaktur Pelaksana Politik Majalah TEMPO)
  3. Rustika Herlambang (Direktur Komunikasi Indonesia Indicator)
  4. Ari Nurcahyo (Direktur Eksekutif PARA Syndicate) 


Apakah kini sudah gawat dunia media sosial (MedSos) kita sehingga Presiden Jokowi sampai menyampaikan keprihatinan secara terbuka? Keprihatinan Jokowi merujuk pada penggunaan media sosial untuk kepentingan Pilkada 2017 dan menyebarkan sikap kebencian berdimensi politik dan agama. Untuk itu adakah masalah yang lebih mendasar dalam konteks tersebut?

Keterkaitan individu dengan identitas warga bangsa dan umat agama sangat kuat. Di tengah identitas yang melekat pada seseorang, dua ikatan itu paling dominan dalam mengidentifikasi seseorang, siapa dirinya dan siapa mereka. Dalam ajang pemilu, Pilpres, atau Pilada, hal seperti itu sering dimanfaatkan secara subyektif oleh peserta kontestasi politik.

Fenomena seperti itu kerap dapat kita temukan dalam berbagai arena pemilu. Hasilnya bukan hanya calon pemilih yang terjebak dalam suasana kompetitif, melainkan juga telah menarik mereka yang bukan pemilih (simpatisan), masuk dalam arena media kompetisi politik. Polarisasi yang tajam atau sikap dikotomis, akhirnya ikut membelah publik baik yang pro maupun kontra dengan identitas primordial keagamaan menjadi batas tengahnya. Masing masing lalu berhadap-hadapan saling adu argumen dan program, sambil mempertanyakan seberapa kuat terikat dengan agamanya atau dukungan politiknya.

Pertanyaan mengenai siapa dirinya dan apa yang dipikirkan orang lain mengenai dirinya merupakan pergulatan pribadi sepanjang hidup. Apalagi sebagian besar identitas dipengaruhi oleh faktor dan identitas di luar diri seseorang dan lingkungannya. Dalam diri seseorang melekat jalinan identitas yang terentang mulai dari usia, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, agama, golongan dan kelas sosial, ras dan kesukuan, bangsa dan warga dunia. Contoh, diskursus atau wacana mengenai ikatan dalam identitas kebangsaan, agama, etnisitas, dan kebangsaan justru lebih ramai dalam percakapan di dunia maya (MedSos).

Harus diakui, bahwa media sosial memiliki dua muka. Di satu sisi bisa bersifat negatif dan destruktif, seperti tercermin dalam mengutarakan kebencian dalam akhir-akhir ini yang bisa merusak pengembangan demokrasi di tanah air. Atau membuat ketergantungan publik terhadap media sosial dengan memanfaatjkan sebagai media komoditas. Tetapi di sisi lain, peran media sosial bisa berwajah posisit, jika disampaikan untuk menggalang empati misalnya dalam suatu bencana alam, tanah longsor, gempa bumi, dan gunung meletus.

Kemudian, media sosial juga berperan besar dalam menyediakan ruang perdebatan publik tapi sekaligus mengambil keuntungan dari berdebatan itu untuk meningkatkan pencitraan atau popularitasnya atau leverege-nya di mata publik. Dalam konteks itu seharusnya ada tanggung jawab yang dibebankan kepada penyedia aplikasi media sosial jika muncul kegaduhan politik atau kasus hukum seperti kasunya AHOK dan Buni Yani. Perlu dicatat kontroversi dan gugatan hukum tidak akan muncul tanpa Facebook konten digital Buni Yani.

Ke depan, para ahli komunikasi, IT, dan hukum media perlu mendiskusikan sejauh mana lingkup tanggung jawab pengelola media sosial tanpa harus mengabaikan kontribusi positif nya di berbagai bidang. Kemudian perlu dibedakan antara tanggung jawab pengguna media sosial dan tanggung jawab pengelola media sosial. Dan penyedia layanan media sosial juga diberi tanggung jawab untuk mewujudkan ruang publik virtual yang beretika atau beradab. Tentu fenomena kebebasan tanpa batas menjadikan keprihatinan kita karena perang MedSos dalam Pilkada 2017 semakin panas dan terus berlangsung. Itu PR kita semua (FSS).



Ulasan redaksi :

.


Slide foto - foto selama acara



  Slide Rustika Herlambang :

klik gambar untuk memperbesar




































NOMagz.com

2 komentar:

Paul Hunter mengatakan...

MENDAPATKAN INTO KONTRAK DENGAN KAMI SEKARANG DAN DAPATKAN PINJAMAN YANG BUKA PERUSAHAAN ANDA
SECARA GLOBAL

Pada sterling keuangan company,cepat,mudah aplikasi pinjaman online berarti satu hal: kesemptan untuk membantu lebih banyak keluarga,senior,sakit,atau terluka. Kesulitan keuangan adalah mudah salah satu tantangan terbesar dari waktu kita dan kami dalam bisnis menemukan solusi.Itulah tujuan sterling keuangan company: untuk membangun sebuah komunitas di mana orang-orang seperti Anda dapat menemukan bantuan keuangan pada saat mereka kontak dibutuhkan.

Mendapatkan Disetujui adalah Mudah!
Persetujuan mungkin bahkan untuk orang-orang dengan kebangkrutan,penyitaan,perceraian,kepemilikan,hak gadai,dll.satu-satunya persyaratan adalah bahwa Anda harus minimal 18 tahun,saat ini bekerja.

Catatan: kami menewarkan pinjaman pada tingkat 2% dan kami memberikan minimum dan maksimum pinjaman sebesar $5,000 USD ke $2,000,000 USD. Tertarik pelamar harus mengisi formulir aplikasi dan kembali untuk prosedur lebih lanjut dan untuk informasi lebih lanjut. Begitu pemohon memenuhi persyaratan, pinjaman dan rencana pembayaran akan dikirimkan kepada Anda dan semua informasi lainnya. Kontak kami E-mail: sterlingfinanceloancompany@gmail.com

LAYANAN KAMI TERMASUK
1.Investor pinjaman 2.angsuran pinjaman 3.Layanan Retailsales 4.konsolidasi hutang
5.Hipotek kedua 6.kredit usaha 7.pinjaman pribadi 8.pinjaman internasional

scott theodora mengatakan...

Halo, saya Mrs. scott theodora pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan seumur hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang Anda segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga lain yang secara finansial? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau gadai janji unifikasi? Cari lagi karena kami berada di sini untuk semua masalah Anda secara finansial di masa lalu. Kami meminjamkan tabungan untuk individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam perdagangan di level 2%. Aku akan menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang mungkin dipercaya dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: (theodoraloanfirm@gmail.com)